Home Wilayah Bekasi Gempa Bekasi, Masyarakat Diminta Tenang

Gempa Bekasi, Masyarakat Diminta Tenang

20
0
SHARE

BHARATANEWS.COM | BEKASI -Gempa di Bekasi, Jawa Barat, yang terjadi siang tadi sempat membuat reah warga. Tapi karena berdasarkan pemantauan BMKG tidak terjadi gempa susulan, masyarakat Jabodetabek diminta tetap tenang dan tidak terpancing isu macam-macam.

“Gempa terjadi di kedalaman hiposenter 246 km. Gempa Bekasi ini di kedalaman menengah yang hiposenternya jauh di bawah permukaan bumi. Gempa seperti ini tidak membahayakan, apalagi kekuatannya hanya M=4,8. Maka gempa ini termasuk klasifikasi gempa ringan (light earthquake) yang tidak akan berdampak di permukaan,” ujar Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, Jumat (25/11).

Gempa yang terjadi Jumat (25/11) siang sempat dibahas ramai di media sosial. BMKG dalam siaran persnya menyebutkan gampa terjadi pada pukul 12.31 WIB. Episenter gempa terletak pada koordinat 6,13 LS dan 107,08 BT dengan kedalaman hiposenter 246 km.

Hasil pemantauan BMKG hingga malam ini tidak terjadi gempa bumi susulan. Sebelumnya berita mengenai gempa menyebar melalui media sosial. “Banyak warga yang bertanya terutama ke BMKG untuk mendapatkan penjelasan mengenai kebenaran berita yang tersebar luas hingga petang ini,” ujar Daryono.

Daryono memastikan tidak ada dampak dari gempa ini. “Aktivitas gempa di kedalaman menengah merupakan fenomena alam biasa, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata Daryono lagi.(poskotanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here