Depok Akan Bangun Control Room Layanan Publik

68
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana akan membuat sebuah pusat kendali terpadu dari aplikasi IT layanan publik atau control room untuk memastikan berjalan baiknya semua layanan publik di masyarakat.

Pembuatan control room yang direncanakan dibangun di lantai 5 Gedung Setda Balai Kota Depok itu, kini, tengah dalam kajian serius Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Depok.

Plt Kepala Diskominfo Depok Hardiono menuturkan, teknologiberbasis IT yang telah dibuat di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tengah dikembangkan lagi oleh pihaknya agar terintegrasi dalam sebuah pusat ruang kendali. Sehingga kata Hardiono pihaknya berencana membuat control room untuk itu.

Hal ini kata dia sejalan dengan program Pemkot Depok untuk menjadikan Depok smart city.

“Control room ini nantinya menjadi tempat monitoring semua aplikasi layanan publik yang dimiliki setiap OPD di Depok. Termasuk menjadi pengaduan masyarakat dan akan lebih bisa secepatnya aduan itu dijawab atau diselesaikan oleh OPD terkait,” kata Hardiono di Balai Kota Depok, Rabu (23/11/2016).

Selain itu di control room akan terlihat bagaimana OPD terkait dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah yang diadukan warga.

“Bagaimana kinerja OPD dalam layanan publik juga bisa dilihat di control room ini,” katanya.

Ia menjelaskan saat ini Pemkot Depok sudah memiliki Area Traffic Control System (ATCS) di bawah pengelolaan Dinas Perhubungan Depok. “Inipun nantinya akan terintegrasi dengan control room yang akan dibuat,” katanya.

Menurut Hardiono pembuatan control room ini akan dibuat kajian oleh pihaknya dahulu agar lebih matang saat mulai dibangun.

“Ini agar perencanaanya baik sehingga mudah dilaksanakan di lapangan,” katanya.

Ia berharap semua perencanaan berjalan baik akhir tahun ini sehingga pembuatan control room sudah bisa dilakukan tahun 2017. (tribunnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here