5 Bahaya Tersembunyi Bila Malas Gosok Gigi

29
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Menggosok gigi setiap hari kadang berat dilakukan, terutama jika rasa malas sudah melanda. Namun ingatlah bahwa kebiasaan buruk tersebut pasti memberi efek yang juga buruk pada kesehatan gigi dan mulut.

Percaya atau tidak, minimal ada 5 bahaya tersembunyi yang dapat terjadi bila Anda malas gosok gigi lho. Berikut ini penjelasannya seperti dilansir oleh laman Good House Keeping:

Stres

Saat kebersihan mulut dan gigi diabaikan, maka peradangan sangat mudah terjadi. Hal ini secara langsung atau tidak akan memicu stres. Apalagi jika lingkungan sosial Anda merasa terganggu dengan kebersihan gigi dan mulut Anda bukan? Itu juga pasti bikin stres.

Diabetes

Penyakit seperti diabetes bisa muncul jika kondisi bakteri di mulut Anda tidak terkontrol. Karena itu rutinlah menggosok gigi, membersihkan sela gigi dengan benang floss, atau berkumur sebelum tidur. Ini baik untuk membersihkan juga molekul yang memicu masalah pengaturan gula darah.

Masalah kognitif

Syaraf-syaraf gigi secara langsung ada yang terhubung dengan otak. Tak heran jika gigi atau gusi Anda sedang bermasalah, maka risiko masalah kognitif sangat mungkin terjadi. Apalagi Alzheimer juga bisa terjadi bila kebiasaan tersebut berlangsung lama.

Osteoporosis

National Institutes of Health menyebutkan bahwa gigi dan lidah yang bersih berarti kesehatan tulang juga terjaga. Jika tidak, maka pertumbuhan bakteri antara pipi menjadi tak terkendali. Itu sama dengan memicu pembusukan di jaringan ikat, sistem kekebalan menurun, dan tentu berpengaruh terhadap kesehatan tulang.

Sakit jantung

Pertumbuhan bakteri patogen yang meningkat di mulut, dapat memicu penumpukan plak di arteri pembuluh darah. Kondisi tersebut lama kelamaan akan meningkatkan risiko sakit jantung.

Kebersihan gigi dan mulut adalah hal penting bagi kesehatan, sehingga rajin menggosok gigi akan turut memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

(radarbolmongonline.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here