Pedagang Jadi Kader Kesehatan

52
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – PEDAGANG kini tak hanya melayani konsumen di pasar. Mereka juga bisa menjadi kader kesehatan. Kemarin, posko UKK Pasar Pandansari yang merupakan mitra binaan Puskesmas Margasari, mengadakan penyuluhan dan kaderisasi kesehatan. Sasarannya adalah para pedagang di pasar tersebut. Tiga puluh kader, terdiri dari 20 pedagang dan 10 petugas pasar, diberi materi mengenai kesehatan dan keselamatan kerja.

Dokter Susliani Pancawinarsih, kepala Puskesmas Margasari, mengungkapkan kegiatan ini merupakan lanjutan program kaderisasi sebelumnya, yakni Juni 2016. Dengan diadakannya kembali penyuluhan diharapkan para kader dapat memperoleh ilmu baru seputar kesehatan masyarakat.

“Kaderisasi hari ini (kemarin), kami akan menyampaikan materi seputar bagaimana mewujudkan pasar sehat agar nyaman bagi para pedagang dan pengunjung. Kemudian, menjelaskan kepada para kader agar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Tidak hanya di pasar namun juga di rumah,” katanya. “Ada juga materi soal gizi supaya mereka mengerti tentang pemenuhan gizi yang seimbang untuk konsumsi sehari-hari,” lanjutnya.

Kata dia, kader yang ada sudah bisa memberikan pertolongan pertama ketika ada pedagang atau pengunjung yang pingsan di pasar. Dengan pengetahuan yang mereka miliki, yang dulunya mereka cuek ketika ada suatu kejadian, sekarang mereka bisa berkontribusi. “Tercatat sudah ada lima orang yang ditolong kader kami saat ada kejadian di pasar,” ungkapnya

Dia berharap, posko UKK dan kader kesehatan yang telah dilatih saat ini bisa menjadi motor penggerak bagi pedagang lainnya. Juga bisa memberikan informasi kesehatan bagi pedagang dan masyarakat. (*/iyo/rsh/k15)(prokal.co)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here