ITB Akan Dibangun Menjadi Pusat Riset Teknologi

3134
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TEKNOLOGI – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir menjelaskan, telah disiapkan lahan sekitar 400 hektare untuk pengembangan ITB, di kawasan Walini, Bandung Barat, Jabar.

“Semua nanti akan terintegrasi. Perkuliahan, pusat risetnya, laboratorium, pusat inkubasinya, technopark, terus asramanya akan dijadikan satu semuanya,” kata M. Nasir di Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Meski dikembangkan di kawasan Walini, Menristek Dikti M. Nasir menegaskan, bahwa kampus ITB di Bandung tetap.

“Pengembangan kampus ITB untuk menjadi kampus yang lebih besar, yang bisa menyiapkan sumber daya yang lebih banyak lagi,” jelas M. Nasir.

Menurut Menristek, Presiden Joko Widodo melihat ITB ini bisa menyiapkan sumber daya teknologi yang lebih banyak lagi. “Ya, khusus teknnologi. Khusus enjinering, tidak boleh buka yang sosial (ilmu sosial), yang sosial tidak boleh. Konsentrasi di enjinering, maka perkuliahan, laboratorium, inkubasi, dan technopark, asrama nanti jadi satu,” tegasnya.

Menristek berharap lahan untuk pengembangan kampus ITB itu segera dituntaskan. Jika lahannya sudah siap maka bisa dimulai pembangunan kampus ITB baru.

Namun demikian saat ini Menristek belum memikirkan bagaimana pembayaran terkait lahan yang akan dijadikan kampus tersebut. “Apakah menggunakan APBN atau loan belum dipikirkan,” terangnya. (rimanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here