Handle Bar Stang Motor, Kecil Tapi Penting

61
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | OTOMOTIF – Salah Satu komponen kecil yang kerap terlupakan namun sebetulnya penting pada sepeda motor adalah bar end, atau yang punya bahasa bengkel `jalu`. Posisinya ada di ujung stang, menutupi lubang pipa.

Saking dianggap tidak penting, serta dirasa mengganggu pada saat handling, komponen ini malah dilepas. Pertanyaannya, benarkah demikian?

Guntomo, Supervisor Andrian Motor, toko aksesori dan apparel sepeda motor yang ada di Jalan Raya Bogor Km 44 No. 145, mengatakan bahwa sebetulnya jalu punya fungsi penting, terutama dalam hal perlindungan jika jatuh.

“Ada fungsinya. Yaitu untuk pelindung handle rem dan grip kalau terjauh. Bisa mengurangi risiko rusak parah,” ujarnya kepada Liputan6.com,beberapa hari yang lalu.

Kalau komponen ini tidak ada, ujarnya, jika suatu saat motor jatuh dan stang menyentuh aspal, maka bisa saja penggantian termasuk throttle tube, clip-on, bahkan bisa keseluruhan handle baryang harganya tidak murah.

Kemudian, komponen ini juga penting untuk menjaga keseimbangan atau kestabilan. Jalu juga bisa mengurangi getaran sehingga lebih nyaman dikendarai.

“Kalau dulu jalu stang terbuat dari besi dan berat. Tapi sekarang banyak yang plastik, kecuali motor sport Kawasaki, dia masih pakai besi dan berat,” tambahnya.

Soal harga, jalu stang terhitung miring. Di Andrian Motor, harganya dibanderol mulai dari Rp 35 ribu. Umumnya aksesori ini dijajakan dalam bentuk dan warna yang lebih menarik ketimbang bawaan pabrikan yang biasanya berwarna hitam.(liputan6.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here