Peneliti Garap Teknologi Baterai Tahan Lama

55
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TEKNOLOGI – Beragam cara telah dilakukan perusahaan smartphoneuntuk mempermudah dalam pengisian daya baterai maupun soal daya tahan. Mulai dari sistem fast charging hingga penambahan kapasitas baterai yang kian besar.

Kini sebuah Tim dari Universitas Central Florida tengah melakukan penelitian dalam membuat tenaga baterai yang tahan lama. Dikutip Phone Arena, Rabu (23/11/2016), teknologi baterai yang dinamakan supercapacitor tersebut memiliki daya 20 kali lebih besar.

Hanya dengan mengisinya dalam beberapa saat, perangkat yang digunakan akan sanggup bertahan hingga sepekan tanpa harus diisi ulang. Hal itu karena, supercapacitor tidak membutuhkan reaksi kimia untuk membuat daya listrik.

Proyek yang masih dalam tahap prototipe tersebut, dikatakan sanggup memiliki siklus hidup sebanyak 30.000 kali.

Menurut Tim dari penelitian ini, cara kerja dari supercapacitorialah dengan memungkinkan elektron melewati core ke bagian cangkang. Dengan begitu proses tersebut dikatakan dapat menghasilkan daya dan pengisian yang lebih cepat.

Selain dapat menampung daya yang besar, baterai dengan supercapacitor juga dapat digunakan pada perangkat wearable. Ini karena bentuknya yang fleksibel sehingga dapat mengikuti bentuk dari setiap perangkat.

Kendati demikian, menurut Tim peneliti untuk saat ini supercapacitor masih belum bisa digunakan untuk hal komersil. (okezone.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here