Gufron dan Aviva Jadi Taurungka Taulolona Gowa 2016

59
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BUDAYA DAN PARIWISATA – Malam Grand final Pemilihan Taurungka dan Taulolona Kabupaten Gowa 2016 yang berlangsung di Gedung Haji Bate, menempatkan Muhammad Gufron Munawar dan Aviva R Scholten sebagai juara I Taurungkadan Taulolona Gowa 2016.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Sebelumnya 24 orang finalis dari 12 pasang Taurungka dan Taulolona Kabupaten Gowa ini saling bersaing untuk menunjukkan penampilan dan kemampuan mereka dalam membawakan orasi terkait kebudayaan daerah Kabupaten Gowa.

Hingga akhirnya pasangan Gufron dan Aviva keluar sebagai pemenang dengan pakaian adat berwarna hijau.

Selain kedua pasangan ini, juara II Taurungka diraih Andi Erlangga Ashraf dan ke III oleh Andi Alfian Mappatombong.

Sedangkan untuk Taulolona Nurul Wahdaniyah juara II dan Jihan Diani Dimas ke III.

Acara ini turut dihadiri Ketua DPRD Kabupateb Gowa Anzar Zaenal Bate, Dandim 1409/Gowa Letkol INF Willy Brodus Yos Rohadi dan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gowa Andi Rimba Alam Pangeran dan Camat Somba Opu Abdullah Sirajuddin.

Pemilihan Taurungka dan Taulolona Kabupaten Gowa ini merupakan refleksi terhadap upaya pelestarian kearifan budaya lokal yang banyak ditemukan dalam masyarakat dan tahun ini merupakan tahun kelima semenjak vakum dari tahun 1991 dan dimulai kembali di tahun 2012.

Bupati Gowa berharap agar acara seperti ini perlu digelar untuk mempertahankan budaya lokal.

“Perlu kita camkan dalam-dalam bahwa upaya melakukan pelestarian dengan penjagaan nilai-nilai kebudayaan lokal adalah tanggung jawab semua elemen dan komponen daerah yaitu masyarakat dan pemerintah,” pesan Adnan.

Orang nomor satu di Gowa ini menambahkan, proses pewarisan nilai-nilai budaya harus senantiasa dilakukan salah satu diantaranya adalah melakukan pagelaran Pemilihan Taurungkadan Taulolona.

“Pagelaran ini sangat unik dan menarik serta digemari kalangan remaja karena ajang ini merupakan perwujudan jati diri bagi remaja sebagai generasi penerus bangsa terutama untuk menambah khasanah dan promosi budaya dan seni daerah,” jelas bupati termuda di kawasan Indonesia Timur ini.

Selain itu, Adnan juga meminta dukungan kepada masyarakat agar Gowa kedepannya menjadi destinasi wisata di Kawasan Indonesia Timur dengan pengembangan Kota Raya Malino.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here