2017, Google Setop Dukungan untuk Android Gingerbread

58
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TEKNOLOGI – Google memastikan akan menghentikan dukungan untuk semua perangkat dengan peranti lunak Android 2.3 Gingerbread dan Honeycomb pada tahun 2017 nanti.

Dalam blog perusahaan, Google mengatakan alasan utama karena saat ini Google Play services versi 10.2.0 yang membutuhkan minimun API level 9 sampai 10 atau Android 4.0.1 Ice Cream Sandwich.

Sementara ponsel Android 2.3 saat ini hanya mendukung Google Play Services versi 10.0.0.”Platform Gingerbread hampir berusia enam tahun. Banyak developer yang mulai menghentikan dukungan aplikasi mereka untuk peranti lunak ini,” tulis pihak Google.

Keputusan tersebut dikatakan untuk membantu pengembang meningkatkan kapasitas aplikasi dan layanan untuk sistem operasi generasi terbaru.

Hal yang sama juga dilakukan Google, sejumlah perubahan akan dilakukan untuk memberi kemudahan bagi pengembang dan pengguna.Kabar ini tentu mengejutkan, mengingat Android 2.3 sudah dirilis sejak Desember 2010. Dengan kata lain Google masih memberikan dukungan berupa aplikasi dan layanan untuk peranti lunak yang kian uzur.

Sepanjang tahun 2016, lembaga riset Statista mencatat pangsa pasar perangkat yang masih mengadopsi Android Gingerbread hanya sebesar 1,5 persen.

Pengguna ponsel berbasis Android 4.4 KitKat masih mendominasi dengan 27,7 persen diikuti pengguna Android 5.0 Lollipop sebesar 21,9 persen. Sementara itu, jumlah adopsi Android 6.0 Marshmallow baru mencapai 18,7 persen.(cnnindonesia.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here