Anak-anak yang Minum Susu Biasa Lebih Ramping dari Peminum Susu Rendah Lemak

30
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Banyak yang mengganti minum susu rendah lemak demi tak menambah banyak pasokan lemak dalam tubuh. Benarkah susu rendah lemak tak membuat gemuk? Studi terkini yang dilakukan tim peneliti asal Kanada mengungkap jika anak-anak yang mengonsumsi susu berkadar lemak normal lebih ramping daripada mereka yang minum susu rendah lemak.

Seperti dilansir AFP, studi dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Tak hanya lebih ramping, peneliti juga menemukan jika anak-anak yang minum susu berkadar lemak normal memiliki level vitamin D lebih tinggi dalam tubuhnya.

Tim dari RS St Michael di Toronto melibatkan 2.745 anak-anak berusia 2-6 tahun dalam penelitiannya. Mereka melakukan survei melalui orangtuanya mengenai konsumsi susu anak-anak tersebut. Juga mencatat data tinggi dan berat untuk menghitung berat massa indeks (BMI) dan samper darah untuk mengukur level vitamin D.

Dari hasil survei didapat jika sebanyak 49 persen mengonsumsi susu dengan kandungan lemak normal (3,25 persen), 35 persen minum susu rendah lemak (2 persen), 12 persen mengonsumsi susu dengan kandungan lemak 1 persen, dan 4 persen minum susu bubuk. Sementara itu, kurang dari satu minum kombinasi keempat tipe susu tersebut.

Para peneliti mendapat jika kelompok yang minum susu normal memiliki BMI 0,72 persen lebih rendah dari kelompok yang minum susu rendah lemak dengan kandung 1 dan 2 persen. Tak hanya itu, anak-anak yang minum satu gelas susu normal mempunyai level vitamin D lebih tinggi dibanding anak-anak yang minum 3 gelas susu rendah lemak (1 persen) setiap hari.

Kandungan vitamin D yang lebih tinggi, menurut tim peneliti yang dikepalai Dr Jonathon Maguire, karena vitamin lebih mudah larut dalam lemak daripada air. Susu dengan kandungan lemak normal memiliki kandungan lemak lebih banyak, karena itu level vitamin D pun lebih tinggi.

(rimanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here