Jelajah Dunia Bersama IYOIN Bogor

53
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Di tengah kesibuannya belajar di kampus, para mahasiswa yang tergabung dalam IYOIN Bogor menyempatkan waktunya untuk mengajar di SD 3 Sukaluyu, Tamansari, Bogor (19/11). Jalan berbatu, medan yang menanjak, dan lokasi SD yang jauh dari keramaian kota tidak menyurutkan semangat mereka demi bertemu dengan siswa-siswi SD tersebut.

Mengusung nama “Peduli Indonesia”, acara ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi yang bersekolah di SD 3 Sukaluyu. SD 3 Sukaluyu sendiri dipilih karena merupakan SD yang perlu mendapat perhatian lebih dibandingkan SD lain di Tamansari.

“Acara ini tuh merupakan mega proker dari IYOIN se-Indonesia.” ucap Ketua Pelaksana acara Peduli Indoenesia, Rifda saat ditanya Tim Semarak News. Sementara itu, Ketua IYOIN Bogor, Firza dalam wawancaranya mengatakan “SD Sukaluyu dipilih karena merupakan SD yang perlu diperhatikan dibanding SD lain di daerah Tamansari.”

Antusias siswa-siswi SD 3 Sukaluyu pun tampak saat Tim IYOIN Bogor memasuki ruang kelas SD 3 Sukaluyu. Firzha, Ketua IYOIN Bogor, dengan riang memberikan sambutan pembuka. Di sini pula, Firzha memperkenalkan jargon IYOIN Bogor.

“Kalau kakak bilang ‘Anak Indonesia’, adek-adek jawab dengan ‘Cinta Indonesia dan Mendunia. Huuuuu ha…” teriak Friza saat membuka acara ini.

Kini giliran Gita Tamalia, remaja cantik asal UIN yang akan membawa siswa-siswi SD 3 Sukaluyu ke Malaysia. Dipaparkanlah pengalamannya saat mengunjungi Malaysia di acara AIESEC di Malaysia.

Melihat paparan Kak Gita, siswa-siswi SD 3 Sukaluyu semakin bertambah antusiasnya. Apalagi saat Gita memberikan hadiah gantungan kunci Singapura, boneka Koala Autralia, dan pensil Malaysia di tengah-tengah pemaparannya.

“Kalian tahu gak, pekerjaan ayah kakak? Pekerjaan ayah kakak itu satpam. Kalau di Bahasa Inggris namanya sekuriti. Tapi kakak selalu semangat buat belajar. Nah, kalau adek-adek ingin kaya kakak, bisa ke Malaysia maka harus tetap semangat meski sekolahnya di desa.” ujar Gita untuk memotivasi siswa-siswa SD 3 Sukaluyu disambut dengan tepuk tangan seisi kelas.

Tidak hanya ke Malaysia, sisiwa-siswi SD 3 Sukaluyu kembali diajak melintasi ke Jepang dan Korea Selatan oleh Kak Hamzah. Dalam pemaparannya, Kak Hamzah juga tak mau ketinggalan untuk membagikan budaya di Jepang dan Korea Selatan yang perlu ditiru oleh siswa-siswi SD 3 Sukalayu.

“Di Jepang tuh, jalanan bersih. Bahkan sedotan yang sekecil uprit ga ada. Bersih banget deh pokoknya. Di sana juga orang-orang nya sangat disiplin, gak telat telat.” kata Kak Hamzah dalam pemaparannya.

Kak Hamzah juga menekankan agar siswa-siswi SD 3 Sukaluyu juga tetap mencintai kebudayaan Indonesia, karena bahkan di Korea Selatan pun, banyak masyarakatnya yang menggunakan batik.

“Tuh kalau kalian lihat (sambil menunjuk foto di layar presentasi). Ternyata orang-orang luar negeri pun pakai batik. Masa kita yang punya batik, malah ga suka. Bener ga?” serentak kelas pun langsung meneriakkan “Benar…”

Tidak hanya ke negara-negara Asia, sisiwa-siswi SD 3 Sukaluyu kemudian diajak melintas ke Benua Australia oleh Kak Nadiya. Sebagai pelajar Indonesia yang kuliah di Australia, Kak Nadiya membagikan tiga tips jitu jika ingin sekolah di luar negeri.

“Yang pertama adalah belajar. Kemudian menabung. Dan yang terakhir itu usaha dan doa.” kata Nadiya dalam paparannya.

Setelah puas menjelajah dunia, anak-anak kini kembali dibuat antusias dengan mengikuti sesi games memasukkan pensil ke dalam botol di lapangan upacara SD 3 Sukaluyu. Tali diikat ke pinggang masing-masing siswa, kemudian berlari ke arah botol. Siapa yang paling cepat memasukannya ke dalam botol, dialah yang menang.

Acara pun ditutup dengan pemberian donasi kepada pihak SD 3 Sukaluyu. Siswa-siswi beserta guru-guru menyambutnya dengan penuh syukur.

“Alhamdulillah ya mas. Ini kan SD pelosok, jalan aja susah. Dengan adanya acara ini, semoga bisa meningkatkan minat anak untuk tetap sekolah dan bisa sukses kaya kakak-kakaknya itu. Tapi saya pinginnya, acara ini tuh jangan cuma sekali. Hahaha….” ucap guru kelas 2 SD 3 Sukaluyu, Bapak H. Endang.(semarak.news)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here