Serat Makanan Bisa Didapat dari Selain Sayuran dan Buah

290
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Mengonsumsi serat memang sangat bagus untuk kesehatan kita agar terhindar dari obesitas. Apabila sudah terkena obesitas tentu segala macam penyakit kronis seperti stroke, gagal jantung dan pecahnya pembuluh darah mulai mengintai tubuh kita secara perlahan.

Dokter Spesial Gizi Klinik Stella Bella mengungkapkan asupan serat pangan di Indonesia direkomendasikan 10-13 gram/hari dalam 1000 kkal dan 25-30 gram dalam 2.100 kalori. Ada dua jenis serat yaitu serat yang terlarut dan tidak terlarut di air. Keduanya ada dalam buah dan sayur. Untuk ibu hamil dan menyusui kebutuhannya lebih tinggi. Mekanisme kerja serat adalah sumber serat masuk ke lambung untuk dihancurkan seperti susu kental sebelum masuk ke usus halus untuk diserap sari-sari makanan.

“Jika tidak ada serat semua akan diserap termasuk kolesterol. Jika ada serat maka kolesterol akan diikat oleh serat sehingga tidak akan diserap usus halus. Serat beserta sisa makan akan masuk ke usus besar untuk dibuang,” terangnya dalam acara “Ngobrol Bareng Sahabat” di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Dalam rangka meningkatkan konsumsi sayur & buah, PT Kalbe Farma Tbk mengeluarkan varian terbaru jus sari sayur dan sari buah, Vegie Fruit Premium. Group Brand Manager Beverages PT Kalbe Farma Tbk. Arwin Hutasoit mengatakan ada beberapa kategori konsumen dalam memilih produk minuman kesehatan berdasarkan riset tentang Health Concious Hierarki.

“Pertama itu tipe health aware yaitu kelompok yang sudah sadar bahwa buah dan sayuran penting untuk kesehatan namun mereka masih membeli produk yang masuk kategori tidak sehat. Kedua, health starter yakni kelompok yang sudah mulai membeli minuman sehat yang secara image sudah sehat, namun masih juga membeli minuman tidak sehat,” bebernya.

Kelompok ketiga, lanjutnya, health adopter adalah kelompok yang hanya membeli produk berkualitas dan alami, misalnya jus rendah gula, dan kelompok keempat adalah health extremist yang hanya makan dan minuman yang segar.

“Kami menyasar konsumen kategori health starter dan health adopter karena kehadiran produk ini memang dalam rangka memenuhi gaya hidup sehat masyarakat, tanpa harus mengeluarkan biaya mahal,” ungkapnya.

Vegie Fruit Premium, tambahnya, memiliki rasa yang enak dan praktis dibawa ke manapun. Saat ini tersedia varian Carrot Squeeze yang merupakan kombinasi sayur wortel dan buah jeruk serta nanas. Vegie Fruit Premium Carrot Squeeze sumber Vitamin A dan tinggi vitamin C, serta kaya akan Serat selain itu juga tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna  dan tanpa pemanis buatan.

“Teknologi UHT yang digunakan menjamin nutrisi dan kesegaran produk tetap terjaga meskipun tanpa menggunakan bahan pengawet. Minuman ini juga bisa menjadi pilihan ibu-ibu yang anaknya susah makan sayur,” tandasnya.(lifestyle.bisnis.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here