Ansor Jabar Siap Advokasi Korban Penggusuran di Majalengka

219
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | INTERNASIONAL – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat siap melakukan dampingan hukum terhadap masyarakat terdampak penggusuran di Desa Sukamulya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

“Bahwa masyarakat Desa Sukamulya yang menjadi korban penggusuran atas rencana pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), kita siap melakukan dampingan hukum,” ujar Ketua LBH PW Ansor Jawa Barat, Agus Indra Firdaus saat dihubungi, Kamis (17/11/2016).

Dikatakan Agus, saat ini pihaknya belum memastikan kapan rencana akan mulai turun ke lapangan untuk memberikan dampingan hukum kepada masyarakat terdampak dari penggusuran tersebut.

“Kalau tidak ada halangan, rencana hari Ahad (20/11) kita akan turun ke lapangan. Saat ini kita tengah melakukan koordinasi dan komunikasi bersama GP Ansor Majalengka soal detail kasusnya seperti apa,” kata Agus.

Kendati demikian, pihaknya belum bisa berspekulasi lebih jauh ihwal rencana dampingan hukum tersebut karena sejauh ini pihaknya baru mengetahuinya dari berbagai media saja.

“Yang jelas, saat ini kami tengah menelusuri dan mengumpulkan informasi dan kronologisnya seperti apa. Kalau ada peluang untuk kita gugat, ya kita akan bergerak,” ujarnya.

Pihaknya mengaku dalam melakukan dampingan hukum tersebut berdasarkan seruan moral semata. “Sahabat-sahabat GP Ansor di Majalengka juga kini tengah melakukan advokasi. Kita support saja,” pungkasnya.

Seperti diketahui, hari ini, Kamis (17/11/2016) panitia khusus pembangunan megaproyek Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) tengah melakukan pengukuran di Desa Sukamulya, Kertajati, Majalengka. Tercatat ada kurang lebih 5.500 warga setempat yang terancam digusur.

Hingga berita ini dimuat, situasi di lokasi penggusuran masih mencekam. Masyarakat yang menolak digusur kini sedang berhadapan dengan aparat gabungan TNI/ Polri. (Ade Mahmudin/Mahbib)(nu.or.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here