Mengolah Junk Food Menjadi Good Food Pasti Yahud!

35
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Junk food atau di Indonesia dikenal juga dengan makanan cepat saji adalah jenis santapan yang kurang bernutrisi. Jenis makanan ini memang mudah sekali ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan atau di tempat-tempat umum lainnya. Walaupun tidak mengandung nutrisi yang mencukupi, makanan cepat saji ini sangat banyak penggemarnya.

Mengolah Junk Food Menjadi Good Food Pasti Yahud!

Bisa jadi Anda salah satu orang yang termasuk menggemari makanan cepat saji yang memang enak di lidah, tetapi enek di perut. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga dijamin banyak yang suka makanan cepat saji karena memang orangtuanya sering mengajak mereka makan makanan cepat saji.

Rasa memang benar-benar mengalahkan segalanya, tak peduli apa pun risikonya. Tahukah Anda apa risiko makanan cepat saji bagi kesehatan? Berikut ini adalah ulasannya dari sumber Emaksuper.

Bahaya Makanan Sampah bagi Kesehatan

Memang sudah menjadi rahasia umum lagi jika makanan cepat saji ini berdampak buruk bagi kesehatan dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah penyakit-penyakit yang harus diwaspadai jika seseorang sering menyantap makanan cepat saji.

  1. Obesitas

Obesitas adalah gangguan kesehatan yang banyak diderita oleh mereka-mereka para penggila makanan cepat saji. Hal ini karena makanan sampah ini memang mengandung banyak lemak, garam, dan gula tambahan yang susah dicerna oleh tubuh. Akibatnya, makanan tadi akan mengendap di dalam tubuh dan muncullah obesitas.

2

  1. Penyakit Jantung

Kandungan lemak yang tak sehat di dalam makanan sampah ternyata bisa juga mengganggu kesehatan jantung. Lemak yang tidak sehat ini akan mengalir ke seluruh aliran darah dan selanjutnya berpusat di bagian jantung. Jika lemak sudah berkumpul, akibatnya adalah tersumbatnya saluran darah di jantung, sehingga mengakibatkan penyakit jantung dan mungkin berujung serangan jantung ataupun stroke.

3

  1. Penyakit Ginjal

Makanan sampah atau cepat saji mengandung sodium yang sangat tinggi. Kandungan sodium ini akan merusak keseimbangan natrium kalium dalam tubuh dan akhirnya akan menyebabkan penyakit ginjal.

4

  1. Diabetes

Makanan cepat saji pun di dalamnya mengandung kandungan gula tambahan yang bisa mengakibatkan fluktuasi gula dalam tubuh. Inilah alasan kenapa makanan sampah bisa juga menyebabkan diabetes.

5

  1. Gangguan Pencernaan

Karena makanan sampah termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang susah untuk dicerna, maka setelah menyantapnya, kerja organ pencernaan Anda akan menjadi lambat atau berat. Akibatnya, muncullah gangguan pencernaan dalam perut.

6

  1. Kanker

Semua manusia pasti mempunyai sel kanker di dalam tubuhnya. Sel-sel kanker ini mungkin saja berkembang jadi penyakit kanker bila dipancing dengan makanan yang kaya bahan kimia seperti junk food.

Mengganti Makanan Sampah Menjadi Makanan Sehat

Junk food atau makanan cepat saji memang akan membuat tubuh gendut dan juga di dalamnya terkandung berbagai jenis penyakit. Jika memang benar-benar sulit melupakan makanan sampah ini, Anda masih boleh menyantapnya dengan cara yang lebih sehat. Ya, cobalah untuk mengolah makanan cepat saji secara lebih menyehatkan seperti ulasan berikut ini.

  1. Kukus Kentang, Bukan Kentang Goreng

Daripada kentang digoreng, jauh lebih baik dikukus dan ditambah bumbu seperti minyak zaitun, herba, dan garam. Daripada kentang goreng, kentang kukus kaya akan beta-carotene, banyak serat, dan yang pasti tak banyak mengandung kolesterol dari minyak goreng seperti kentang goreng.

7

  1. Air Putih Campur Buah, Bukan Soda

Air putih memang satu-satunya minuman yang rasanya tawar, sehingga kita tak suka minum air putih dan lebih memilih minum soda. Padahal, bila air putih ditambah dengan potongan buah semangka, lemon, atau blueberry, sensasi rasa kesegarannya mampu mengalahkan nikmatnya soda. Satu lagi, air putih itu sangat menyehatkan, sedangkan soda itu menyusahkan kesehatan.

8

  1. Membuat Roti Gandum Isi di Rumah, Bukan Sandwich

Biasanya, roti isi atau sandwich berisi daging ayam tanpa tulang yang digoreng sampai kering. Inilah yang menyebabkan sandwich masuk dalam kategori makanan sampah. Nah, untuk mengubahnya menjadi lebih sehat, buatlah roti isi sendiri di rumah. Ingat, pilihlah bahan roti gandum, daging ikan panggang yang sehat, dan ditambah dengan sayuran segar.

9

  1. Yoghurt Tawar, Bukan Frozen Yoghurt

Frozen yoghurt adalah makanan yang sebenarnya tidak menyehatkan. Kalori tinggi di dalam frozen yoghurt mengandung perasa atau pemanis buatan membuat yoghurt ini tidak sehat. Sebenarnya, makanan sampah ini bisa Anda ganti dengan membuat yoghurt tawar yang dicampur dengan taburan buah sehingga rasanya tetap enak dan yang terpenting menyehatkan.

10

  1. Buat Popcorn di Rumah, Jangan Beli Popcorn Kemasan

Jangan pernah lagi membiasakan diri membeli popcorn kemasan. Popcorn kemasan yang dibeli biasanya rasanya sangat manis atau asin karena memang memakai penambah rasa buatan yang membahayakan. Tapi, popcorn bisa Anda ubah menjadi camilan sehat dengan membuatnya sendiri di rumah, yaitu dengan menambahkan bumbu seperti potongan bawang bombai dan mentega.

11

Itulah jenis-jenis junk food yang bisa diolah atau diganti dengan makanan yang jauh lebih menyehatkan. Jadi, saat Anda ingin ngemil, santaplah makanan-makanan tersebut. Semoga bermanfaat!(penulispro.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here