Fungsi Protein, Lemak Tak Jenuh, Vitamin dan Mineral

29
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Di zaman modern ini, semakin banyak orang yang menerapkan gaya hidup sehat. Alhasil, mereka menjadi sangat teliti soal makanan dan apa manfaat dan keburukan dari makanan tersebut.

Lalu, nutrisi apa saja yang diperlukan oleh manusia untuk mewujudkan hidup sehat? Berikut ini lima elemen terpenting seperti dilansir usnews:

1. Protein
Protein adalah makronutrien penting yang mengandung asam amino. Ketika mengkonsumsi protein maka tubuh kita memproduksi asam amino yang memiliki berbagai manfaat. Diantaranya membentuk otot, kesehatan tulang, dan imunitas.

Dari mana protein bisa didapat? Banyak makanan yang mengandung protein, tinggal pilih dan sesuaikan dengan keuangan. Daging sapi, ayam, telur, dan produk susu, termasuk yoghurt, mengandung protein tinggi. Tahu, susu kedelai, dan kacang-kacangan lain juga mengandung banyak potein.

 

2. Lemak tak jenuh
Banyak orang yang masih bingung lemak seperti apa yang boleh dikonsumsi karena tidak berbahaya. Lemak tak jenuh adalah yang baik dan tak mengganggu kesehatan dan bisa didapat dari kacang kedelai, minyak zaitun, dan banyak sumber lain, seperti susu kedelai, kacang polong, ikan salmon dan tuna, serta kacang-kacangan seperti kenari dan almond.

3. Vitamin dan mineral
Hampir semua orang tahu bahwa vitamin dan mineral sangat penting. Semua vitamin, A, D, E, K, B, dan C sangat dibutuhkan tubuh. Begitu pula mineral macam kalsium dan zat besi.

4. Komponen lain, seperti probiotik, prebiotik, dan flavonoid
Meski tak dianggap sebagai komponen yang paling dasar yang dibutuhkan tubuh, probiotik, prebiotik, dan flavonoid tetap penting buat kesehatan. Probiotik sering juga disebut bakteri baik dan sangat membantu pencernaan dan bisa didapat dari makanan yang difermentasi, seperti yogurt dan tempe.

Sementara itu, prebiotik bisa didapat dari pisang, madu, bawang merah, dan bawang putih. Flavonoid dianggap baik buat kesehatan jantung dan bisa didapat dari berbagai makanan seperti buah-buahan, sayuran, semua produk kedelai, teh, anggur merah, dan coklat hitam.

(cantik.tempo.co)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here