Trend Fashion yang Bisa Mengganggu Kesehatan Tulang

43
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Trend fashion yang bisa mengganggu kesehatan tulang. Tren fashion masih terus bergulir dari masa ke masa. Ada yang bertahan sampai beberapa tahun, ada juga yang cukup dinikmati di satu masa saja. Tapi ada juga tren fashion yang bisa mengganggu kesehatan tubuh terutama kesehatan tulang.

Beberapa tren serta fashion item ini disinyalir menjadi salah satu faktor penyebab sakit tulang belakang dan juga sakit punggung. Perannya memang tidak signifikan mengakibatkan sakit punggung, tapi mungkin ladies ingin mempertimbangkan untuk tidak terlalu sering menggunakannya. Berikut ini merupakan trend fashion yang bisa mengganggu kesehatan tulang.

Rok pensil
Rok dan gaun pensil ataupun pakaian yang berpotongan mengecil ke bawah akan memaksa kedua lutut dan kaki untuk merapat sehingga membatasi gerak. Jika dipakai secara terus-menerus dalam waktu yang lama, otot kaki akan semakin tegang dan dapat memicu cedera serta gangguan pada sendi tulang belakang.

Baju ketat
Megenakan baju terlalu ketat, seperti gaun body-con ataupun pakaian berbahan lateks terlalu lama bisa menyebabkan syaraf-syaraf di punggung juga tulang belakang tertekan. Selain itu, baju yang terlalu ketat juga akan membatasi pergerakan tulang pinggul, menyebabkan tekanan pada tulang belakang sehingga mengakibatkan sakit punggung yang berkepanjangan.

Skinny jeans
Saat dipakai, skinny jeans mencengkram erat pinggang, pinggul, paha dan juga betis. Hal itu mengakibatkan ketegangan pada persendian, kejang, sampai mati rasa pada kaki. Diungkap ‘Dr. John England’ dari ‘American Academy of Neurology’, jeans yang terlalu ketat bisa merusak ratusan syaraf di kaki. Walaupun elastis, tapi bahan jeans yang cenderung tebal tetap bisa membuat berbagai sumbatan pada syaraf kaki.

Sumbatan-sumbatan tersebut kemudian mengakibatkan rasa pegal, sakit sampai mati rasa. Jika hal itu terjadi secara terus menerus, bukan hal yang mustahil bisa banyak syaraf pada kaki yang putus atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Tas terlalu besar
Semakin besar ukuran tas, maka akan semakin banyak pula barang yang akan dimasukkan ke dalamnya. Membawa beban yang terlalu berat hanya di satu sisi tubuh merupakan salah satu penyebab utama sakit punggung. Setiap kali kamu membawa beban berat di salah satu sisi tubuh, tulang belakang bisa bengkok dan juga memicu gejala sakit punggung.

High heels
Memakai sepatu hak tinggi dan tipis memang bisa membuat perempuan terlihat anggun, seksi serta postur terlihat lebih baik karena memaksa tubuhnya untuk berdiri tegak. Tapi menurut ahli penyakit kaki dan tulang ‘Dr. Greene’, tubuh manusia tidak cocok untuk memakai high heels setiap hari karena ketinggian sepatu tersebut bisa menyebabkan tegangnya otot pada betis. Selain berpengaruh untuk otot kaki, menggunakan high heels terlalu sering juga bisa menyebabkan nyeri tulang belakang, leher serta bahu.

Kalung berukuran besar
Memakai kalung yang berukuran besar dengan detail bebatuan yang berat akan memberi tekanan pada otot, tendon dan juga sendi di leher. Kalung yang terlalu berat juga akan membuat leher serta kepala cenderung condong ke depan sehingga menimbulkan tekanan, sakit dan kerusakan pada tulang leher serta punggung.

Ladies, itu tadi trend fashion yang bisa mengganggu kesehatan tulang. Fashion memang merupakan salah satu hal yang penting untuk menunjang penampilan, tapi jangan karena ingin terlihat menarik kesehatanmu jadi terabaikan. Semoga bermanfaat.(rancahpost.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here