Teknologi Video Bantu Wasit Laga Italia Kontra Jerman

35
0
SHARE
STUTTGART, GERMANY - FEBRUARY 13: The referee shake hands with his assistent prior to the Bundesliga match between VfB Stuttgart and Hertha BSC Berlin at Mercedes-Benz Arena on February 13, 2016 in Stuttgart, Germany. (Photo by Alexander Hassenstein/Bongarts/Getty Images)

BHARATANEWS.ID | TEKNOLOGI – Sistem baru akan melibatkan tayangan ulang guna membantu wasit untuk mengambil keputusan krusial dalam laga ketat yang akan diuji coba pada laga Italia kontra Jerman di San Siro, Rabu (16/11) dini hari WIB.

Maret lalu, FIFA menyetujui proposal penggunaan rekaman video selama dua tahun ke depan, yakni Video Assistant Referees’ system (VARs) dan telah menjalani serangkaian uji coba. Jika sukses, sistem tersebut akan diterapkan di Piala Dunia 2018.

Teknoloki baru tersebut sudah pernah coba diterapkan dalam sejumlah laga internasional sebelumnya, tepatnya saat Italia dan Prancis bertemu pada September lalu dan juga di beberapa negara seperti Australia, Brasil, Jerman, Belanda, Portugal dan Amerika Serikat.

Hanya saja, sejauh ini pengujiannya hanya sebatas semi-live. yang berarti VARs dapat menilai keputusan pada sebuah gol, penalti, kartu merah dan kesalahan identifikasi. Wasit yang bertugas masih belum bisa mengamatinya langsung dari monitor.

“Saya pikir nantinya akan sama [soal tujuan penggunaan video],” ujar Marco van Basten selaku kepala pengembangan teknik FIFA.

“Dengan asisten wasit, kami memiliki tambahan satu pengawasan. Mereka dapat membantu para wasit yang bertugas.”

“Semoga sistem ini bisa bekerja sesuai rencana, jadi sepakbola bisa lebih jujur. Itu yang semua harapkan, pada akhirnya hasilnya haruslah sesuai harapan,” imbuhnya.

“Sepakbola tak akan berubah dengan adanya sistem ini. Saya yakin justru bisa menjadi lebih baik. Butuh waktu, para pemain dan wasit akan beradaptasi tapi saya yakin akan bagus.” (fourfourtwo.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here