Pendaftaran Siak Ten K Dibuka, Dunia Berlari di Pinggir Sungai Jantan

217
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BUDAYA DAN PARIWISATA – Panitia event Siak Ten K tahun 2016 sudah membuka pendaftaran untuk peserta sejak 10 November 2016 kemarin. Pendaftaran akan berlangsung sampai 12 Desember 2016, atau 6 hari jelang pembukaan.

Siak Ten K, lari sejauh 10 Km itu balal diikuti oleh ratusan orang dari berbagai negara di dunia. Lomba lari dengan skala internasional ini baru perdana di adakan di Siak. Rencananya, akan menjadi iven yang ikonik untuk Provinsi Riau.

Iven ini akan merebutkan hadiah yang  lumayan besar, dengan total Rp 150 juta. 100 pelari tercepat juga bakal mendapatkan medali. Iven ini juga bukan sekadar olahraga lari sejauh 10 Km. Namun, peserta dari  berbagai belahan dunia  bakal menikmati sensasi berlari di pinggir Sungai Jantan, sebutan lama bagi Sungai Siak.

Kepala Bidang Olahraga Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Syamsurizal mengatakan, rute yang akan ditempuh mengelilingi objek wisata andalan Siak.  Seperti Istana Siak, water front city, pasar lama China Town, pinggiran Sungai Siak dan Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah.

“Siak Ten K ini merupakan program Pemkab Siak bekerja sama dengan Tribun Pekanbaru dan Garuda Indonesia,” kata dia, Selasa (15/11).

Ia menyampaikan, seelumnya sudah digelar rapat dengan para pihak. Seperti dengan Pemred Tribun Pekanbaru RHR Dodi Sarjana, Pimprus Tribun Pekanbaru Anwar Helmi, ketua KONI Siak H. Amzar, Kepala Bappeda Siak Yan Pranajaya, Kepala Dinas BMP Siak Irving Kahar, ketua Pengcab PASI Siak Tonny Chandra serta dengan pihak maskapai Garuda Indonesia.

“Saat ini promosi sedang berjalan. Pihak garuda juga sudah mempromosikan iven kita ini. Jadi pelari-pelari luar negeri sudah mengetahui kegiatan yang akan digelar. Kita optimistis peserta membludak baik dalam maupun luar negeri,” kata dia.

Sebelumnya Ketua Pengcab PASI Siak Tonny Chandra mengatakan, peserta untuk iven Siak Ten K tidak terbatas. Peserta dari dalam negeri dan luar negeri dan terbuka untuk umum.

“Selain 10 K, untuk pelajar di Riau juga digelar lari 5 K. Rencananya, harinya dibedakan, sehingga kegiatan fokus,” kata dia.

Sedangkan  Pemred Tribun Pekanbaru RHR Dodi Sarjana sebelumnya menjelaskan, Siak Ten K merupakan perpaduan antara olahraga dan seni budaya. Tema yang akan diusung  “Harmony Melayu”, yakni olahraga dengan sentuhan seni budaya Melayu.

“Harmoni Melayu itu antara olahraga, seni, budaya dan kuliner. Ada kelebihan tersendiri di Siak bagaimana sensasinya  lari di pinggir sungai,” kata dia.

Ia mengharapkan, Siak Ten K akan menjadi iven tahunan untuk Siak. Sebab, iven ini termasuk yang menarik untuk mengangkat Budaya Melayu di kancah internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here