4 Tepat Solusi Tumbuh Kembang Anak

42
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Sebagai salah satu produsen makanan bayi terbesar di Indonesia, Indofood Nutrition dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (“ICBP”) bekerjasama dengan Panitia Lulusan Dokter tahun 2016/2017 dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyelenggarakan Seminar dan Pelatihan Praktek Pemberian Makan yang tepat pada bayi dan batita sebagai bagian dari Pertemuan Ilmiah Tahunan CIPRIME “Current Issue in Pediatric Nutrition & Metabolic Problems”.

Seminar tersebut diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 12 – 13 November di hotel Grand Sahid Jakarta yang dihadiri oleh para pakar dan praktisi kesehatan serta jurnalis.

Promina sebagai brand MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) fortifikasi dari Divisi Nutrition and Special Food (“NSF”) ICBP, mendukung kegiatan tersebut sesuai dengan misinya dalam meningkatkan gizi anak melalui inovasi produk yang berkualitas. Promina memahami bahwa setiap orang tua tentu menginginkan agar buah hatinya sehat, tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk itu, peran orang tua dalam membentuk kebiasaan makan yang baik pada anak sangat penting. Kebiasaan makan yang baik perlu dikenalkan sejak dini agar tumbuh kembang anak optimal.

Ada kriteria empat tepat dalam memilih makanan untuk si kecil yang disosialisasikan yaitu, tekstur yang tepat, pilihan rasa bervariasi, asupan gizi lengkap dan tahapan usia sesuai. Andri Susanti selaku Scientific and Medical Program Divisi NSF ICBP mengungkapkan bahwa membentuk kebiasaan makan yang baik pada anak sejak dini menjadi perhatian.

Diamini oleh Ketua Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI, RSCM, DR, dr. Damayanti Sjarif,Sp.A (K) bahwa kebiasaan makan yang baik dapat dibentuk sejak bayi lahir yaitu dengan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan pertama dan kemudian diberikan mpasi yang tepat agar kebutuhan gizi terpenuhi sehingga memaksimalkan tumbuh dan kembang anak. Selain itu, Dr. Damayanti juga menambahkan bahwa sejak dalam kandungan, janin mulai dapat membedakan rasa air ketuban dan perbendaharaan rasa makanan pada anak kian canggih setelah ia lahir. Oleh karena itu, penting untuk memberi kesempatan pada anak agar mencoba banyak rasa. Semakin beragam variasi rasa makanan yang diperkenalkan, anak akan semakin kaya dengan perbendaharaan rasa sehingga dapat terhindar dari picky eater atau pilih-pilih makanan.

Menurut Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik, DR. dr. Sri Sudaryati Nasar, Sp.A(K) mempersiapkan mpasi maka ada beberapa kriteria yang juga diperhatikan seperti anjuran WHO. “Pedoman pemberian makanan bayi dan anak menurut anjuran WHO yaitu, tepat waktu, tepat gizi, aman, dan diberikan dengan cara yang benar seperti tekstur yang tepat sesuai usia, pilihan rasa bervariasi dan proses pemberian makan yang responsif,” jelasnya.

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dr. Luh Karunia Wahyuni, Sp.KFR(K) juga menekankan bahwa keterampilan makan merupakan hal yang harus dipelajari ditambah dengan stimulasi yang benar. Mendukung pernyataan tersebut, Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Konsultan Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja, dr. Tjhin Wiguna, Sp. KJ (K) mengingatkan bawah proses makan tidak hanya untuk kepentingan gizi saja tapi perlu memperhatikan praktik cara pemberian makan yang responsive agar pengalaman makan menjadi yang menyenangkan bagi anak. “Menjadikan kegiatan makan pada anak sebagai pengalaman yang menyenangkan dapat meningkatkan bonding ibu dan anak, serta dapat menjadi stimulasi bagi perkembangan psikososial anak,” ujarnya

Untuk mendukung peningkatan gizi anak Indonesia, terutama di Seribu Hari Pertama Kehidupan, Promina melakukan edukasi kriteria empat tepat bersama para pakar di bidang kesehatan dan gizi, bidan, serta kader posyandu. Melalui produk MPASI fortifikasi yang berkualitas, Promina berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi terciptanya generasi Indonesia yang bergizi baik, cerdas, aktif, dan kreatif. Dan dengan memiliki tekstur tepat untuk stimulasi ketrampilan oromotor, pilihan rasa bervariasi yang dapat membantu ibu memperkenalkan berbagai rasa dan mencegah anak menjadi picky eater, asupan gizi lengkap dengan kandungan zat gizi makro dan mikro sesuai kebutuhan gizi anak, serta rangkaian produk terlengkap di setiap tahapan usia yaitu usia 6 bulan, 8 bulan, dan 12 bulan keatas, Promina dapat menjadi pilihan tepat bagi Ibu untuk bantu membentuk kebiasaan makan yang baik sehingga mendukung tumbuh kembang optimal anak.

(tabloidnova.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here