Tujuh Khasiat Ajaib ‘Buah Halloween’ untuk Kesehatan

59
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN Labu, identik sebagai hiasan dalam perayaan Halloween yang diperingati setiap tanggal 31 Oktober. Namun tahukah Anda, selain bisa dimanfaatkan sebagai aksesori Halloween, buah labu juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir Daily Mail, labu mengandung vitamin A yang dikenal untuk membantu mencegah penuaan. Bijinya bahkan mengandung kadar tinggi antioksidan yang melindungi tubuh terhadap kanker.

Para ahli juga mengatakan kandungan serat yang ada pada labu, dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

Di sini, dua ahli gizi menyatakan bahwa sayuran musim gugur ini sangat lezat dikonsumsi dalam berbagai hidangan apapun. Apalagi jika tahu manfaatnya untuk kesehatan. Berikut, Anda perlu tahu manfaat labu untuk kesehatan.

Rendah kalori

Rendah kalori dan mengandung tinggi karbohidrat, ini menjadi alasan mengapa mereka yang tengah menjalani program diet wajib mengonsumsi labu. Rasanya lezat, mirip dengan ubi jalar, sehingga cocok untuk diet dan menurunkan berat badan karena labu bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan mencegah Anda tergoda camilan.

Ahli gizi berbasis di London, Cassandra Barns mengatakan, buah ini juga mengandung serat tinggi, sekitar tiga gram per satu porsi cangkir sehingga akan membantu Anda tetap kenyang lebih lama.

Baik untuk kulit

Labu mengandung tingkat tinggi beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A. Nutrisi ini dikenal untuk mencegah kerusakan sel-sel kulit yang dapat mengakibatkan penuaan.

Labu, sama dengan sayuran seperti wortel, dan ubi jalar, berisi tingkat tinggi beta karoten dan karotenoid lain. Ini yang membuatnya memiliki warna cantik oranye terang.

Beta-karoten mengonversi ke vitamin A dalam tubuh, yang merupakan salah satu nutrisi yang paling penting untuk integritas kulit.

Hal ini memungkinkan kulit untuk terlihat tetap segar, dan memungkinkan menyembuhkan kulit yang luka lebih cepat. Sementara senyawa tersebut juga dapat membantu untuk mencegah kerusakan radikal bebas pada sel-sel tubuh yang dapat mengakibatkan penuaan, karena bekerja sebagai antioksidan.

Dr Marilyn Glenville, penulis Natural Alternatives to Sugar, mengatakan, “Sayuran berwarna oranye lezat untuk dijadikan hidangan  rebusan dan sup di musim dingin, atau dipanggang dengan sayuran lain seperti paprika, bawang merah dan bit.”

Antioksidan alami

Minyak biji labu tinggi kandungan gamma-tocopherol yang biasa dikenal sebagai bentuk vitamin E. Antioksidan ini diketahui mampu melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker.

Minyak biji labu selain mengandung tingkat yang sangat tinggi antioksidan alami, juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda.

Penelitian sebelumnya telah menemukan senyawa yang ada dalam labu dapat mengurangi peradangan dan melindungi tubuh terhadap beberapa jenis kanker.

Para ilmuwan juga telah menemukan bahwa senyawa dalam buah labu mampu mengaktifkan gen yang terlibat dalam mencegah serangan penyakit Alzheimer.

Membangkitkan suasana hati

Magnesium sering dikenal sebagai pembangkit mood atau suasana hati alami dan dapat pula membantu meringankan gejala depresi. Ahli gizi berbasis di London Ms Barns juga mengatakan. “Biji labu adalah salah satu sumber terbaik.”

Jika Anda merasa sedih atau suasana hati sedang tak menentu, labu mungkin bisa meredakan kesedihan Anda. Magnesium seperti diketahui, bisa terlibat dalam banyak reaksi kimia otak, karena  itulah magnesium diyakini bisa membantu untuk menyembuhkan depresi dan kecemasan.

Penelitian sebelumnya telah menemukan kekurangan magnesium, membuat orang lebih berisiko mengalami gejala depresi.Barns mengatakan, “Biji labu adalah salah satu sumber terbaik dari magnesium.” Mineral penting ini sering disebut, tranquiliser alami.

Baik untuk mata

Beta-karoten ditemukan di labu membantu untuk meningkatkan kesehatan mata dan memperlambat penurunan fungsi retina yang dapat menyebabkan kebutaan.

Kita semua pernah mendengar mitos bahwa makan wortel dapat membuat Anda melihat dalam gelap – tapi bagaimana dengan labu?

Seperti diketahui beta-karoten, dikonversi tubuh menjadi vitamin A, yang kemudian lebih lanjut disalurkan ke dalam retinol. Hal ini membantu untuk meningkatkan kesehatan mata kesehatan dan memperlambat penurunan fungsi retina yang dapat menyebabkan kebutaan.

“Secangkir labu dalam bentuk potongan dadu cara mudah dan lezat untuk mendapatkan jumlah harian Vitamin A yang disarankan.”

Menyehatkan jantung

Antioksidan dalam labu dapat memiliki efek perlindungan untuk seluruh tubuh, termasuk jantung dan pembuluh darah.

Tinggi serat, baik daging dan biji dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal, para ahli mengatakan.Sementara penelitian sebelumnya menemukan diet tinggi serat dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah yang berpotensi mencegah penyakit jantung

Membantu sistem kekebalan tubuh

Vitamin A dan C, keduanya ditemukan dalam jumlah tinggi pada labu. Dianggap penting untuk pemeliharaan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Konsumsi vitamin A dan C dari labu dapat menjadi cara yang bagus untuk menangkis virus musim dingin.

(life.viva.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here