Toyota Hilux Nyaris Terguling saat ‘Moose Test’

45
0

BHARATANEWS.ID | OTOMOTIF –¬†Hilux dianggap sebagai salah satu kreasi terbaik Toyota. Namun anehnya, mobil pick-up double cabin ini justru bisa membahayakan pengemudi karena mudah oleng ketika bermanuver saat digeber dengan kecepatan tinggi.

Hal itu diketahui ketika sebuah media otomotif asal Swedia, Teknikens Varld, melakukan ‘Moose Test” terhadap beberapa mobil pick-up double cabin terbaru, di antaranya Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, Isuzu D-Max, Nissan Navara, Volkswagen Amarok, dan Ford Ranger.

Moose Test merupakan salah satu pengujian yang dilakukan dengan mensimulasikan gerakan mobil saat menghindari rusa (moose) di jalan. Jadi, mobil diberi muatan hingga 830 kg dan diisi dua orang penumpang. Lalu penguji memacu kendaraan mencapai kecepatan 60 km/jam lalu berbelok secara zig-zag secara kontinu. Mobil

Dari enam mobil, hanya satu mobil yang gagal melewati tes dengan mulus, yakni Hilux. Mobil yang diuji dengan membawa beban 830 kg dan menggunakan ban 18 inci 265/60 tersebut tiba-tiba oleng pada tikungan kedua.

Bukan kali pertama Hilux gagal di Moose Test. Kejadian serupa juga dialami mobil tersebut saat diuji pada 2007. Kejadiannya mirip dengan pengujian pada 2016. Kedua ban sebelah kanan terangkat dan Hilux nyaris terguling pada tingkungan kedua. (metrotvnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here