Saya Alami Keringat Berlebih hingga Kulit Keriput, Perlu Konsultasi pada Spesialis Apa Dok?

111
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – PUNYA pertanyaan soal kesehatan fisik ataupun psikis?Pertanyaan Anda akan dijawab oleh ahlinya. Pertanyaan bisa dikirim melalui email/ WhatsApp redaksi Tribun Kaltim, seperti yang tertera di atas rubrik ini atau email ke red.minggu@gmail.com dengan subjek KLINIK KESEHATAN.

Pertanyaan

Selamat pagi Dokter. Saya mengalami keringat berlebih pada hidung,tangan, dan kaki saya. Keringat akan berhenti saat saya lemas.

Saat terhentinya keringat kulit akan menjadi keriput.

Yang saya ingin konsultasikan adalah bagaimana menghentikan keringat berlebih pada bagian tersebut dan baiknya diperiksakan ke spesialis kulit atau yang lain?

Terima kasih banyak Dokter.

Adri, Samarinda

Jawaban

Oleh dr Andravita Fenti Mitaart, Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit dan Dermatologi RS Pertamina Balikpapan

dr Andravita Fenti Mitaart, Sp.KK
dr Andravita Fenti Mitaart, Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Dermatologi RS Pertamina Balikpapan. (tribunkaltim.co/jino prayudi kartono)

KERINGAT  berlebihan meskipun dalam kondisi cuaca dingin merupakan tanda hiperhidrosis.

Tanda ini memiliki beberapa penyebab bisa mulai dari gen, kegemukan, atau adanya tanda penyakit yang ada di dalam tubuh.

Namun jika dilihat dari gejalanya keringat berhenti saat lemas sebaiknya saya sarankan konsultasikan terlebih dahulu ke dokter penyakit dalam untuk mengetahui apakah ada gejala penyakit atau tidak.

Kemudian biasanya jika dari dokter penyakit dalam menemukan tanda adanya suatu penyakit akan diberikan obat.

Dan dari dokter kulit sendiri akan diberikan anti pespiran dan perawatan seperti botox untuk mengurangi kadar keringat dalam tubuh. Terima kasih semoga bermanfaat. (*)(tribunnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here