PANDI gelar ID Website Awards 2016, bakal jadi ajang tahunan

48
SHARE

BHARATANEWS.ID | TEKNOLOGI – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mengadakan penganugerahan ‘ID Website Awards 2016’. ‘ID Website Awards 2016’ merupakan kegiatan puncak rangkaian acara ‘PANDI Meeting 7’ yang digelar sejak 27 Oktober hingga 29 Oktober 2016 di tempat yang sama.

Ketua PANDI, Andi Budimansyah, menyampaikan, ID Website Awards ini merupakan kegiatan pertama dan akan menjadi kegiatan tahunan PANDI di masa mendatang.

“Anugerah ini merupakan bentuk apresiasi PANDI pada situs-situs internet terbaik di Indonesia yang mengunakan domain .ID,” ujarnya seusai acara tersebut, Jumat lalu (29/10).

Dikatakannya, dalam anugerah ID Website Awards tahun ini diserahkan penghargaan kepada pemenang dari sepuluh kategori: Kategori Pendidikan, Pemerintah, Komunitas dan Lembaga Nirlaba, Online Store, Marketplace, Berita dan Media, Travel dan Wisata, Korporat, Blog dan Situs Pribadi, serta Kategori Hiburan. Khusus untuk tahun ini diberikan pula penghargaan khusus untuk website peserta program 1 Juta Domain.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia ‘ID Website Awards 2016’, Sigit Widodo, PANDI berupaya untuk membuat standar penilaian yang terpercaya dengan melibatkan pakar dan praktisi yang kompeten di bidangnya.

“Kami menyadari, dengan segala kekurangannya, langkah awal ini harus dimulai dengan benar,” kata Sigit.

Beberapa pakar dan praktisi yang dilibatkan, di antaranya pakar e-government dari Universitas Indonesia, Dr. Yudho Giri Sucahyo, untuk penilaian Kategori Pemerintah, Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Suwarjono, untuk penilaian Kategori Berita dan Media, Pakar Pemasaran Digital, Nukman Luthfie, untuk Kategori Marketplace, Direktur Eksekutif ICT Watch, dan Donny Budi Utoyo, untuk Kategori Komunitas dan Lembaga Nirlaba.

Dalam penghargaan itu, pemerintah provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan sebagai situs terbaik Kategori Pemerintahan. Situs pemprov DKI Jakarta dianggap memiliki keunggulan yaitu kesederhanaan navigasi, aktualitas informasi, dan kekayaan konten. Hal itu diungkapkan oleh salah satu juri, Yudho Giri Sucahyo.

Dalam Kategori Hiburan, muncul wajah baru metube.id yang merupakan YouTube versi Indonesia besutan PT. Linktone Indonesia dan MNC Play Media. Penghargaan diterima oleh perwakilan Metube, Irvan Nasrun. Andi Budimansyah mengungkapkan, PANDI berharap akan bermunculan situs-situs internet Indonesia yang berkualitas dengan menggunakan domain .ID. Tahun ini muncul situs-situs baru, seperti Metube di Kategori Hiburan, Tirto.id di Kategori Berita dan Media, dan ada Pepnews.id untuk blog.

“Kami berharap di tahun mendatang juga muncul situs-situs baru yang semakin berkualitas,” pungkas Andi.

(merdeka.com)