Kirim 200 Brimob ke Jakarta, Brigjen Zulkarnain Pastikan Riau Masih Kondusif Jelang Aksi Damai 4 November

52
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengirimkan personilnya ke Jakarta, untuk mengamankan berlangsungnya aksi damai ribuan massa Islam, 4 November 2016 nanti. Sedikitnya 200 anggota Brimob di BKO-kan ke sana.

Itu diungkapkan Kapolda Riau, Brigjen Zulkarnain, Senin (31/10/2016) siang. 200 personil Brimob atau sekitar dua kompi tersebut diberangkatkan ke Jakarta untuk pengamanan berlangsungnya aksi, yang terkonsentrasi di Jakarta.

“Di BKO (Bawah Komando Operasi) kan ke Jakarta. Ada 200 personil atau dua kompi,” jawab Zulkarnain kepada GoRiau.com (GoNews Group). Terkait ini, Kapolda memastikan kalau Riau masih kondusif, meski kabarnya aksi serupa juga dilangsungkan di daerah-daerah.

“Kami (Polri) di sini siap. Secara persuasif dan edukatif sudah kita lakukan. Kita juga telah koordinasi dengan sejumlah tokoh-tokoh. Intel dan Binmas juga dilibatkan. Mudah-mudahan belum ada yang mengarah ke dalam artian unjuk rasa,” sebut dia.

“Kita menghimbau, agar seluruh masyarakat Riau tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Fitrah kita berbeda, mulai dari suku, agama, jenis kelamin, keyakinan, bahkan beda Paslon. Namun harus tetap pelihara persatuan dan kesatuan,” singkat Zulkarnain.

Sebelumnya, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian membenarkan adanya perintah menarik satuan Brigade Mobil (Brimob) dari daerah lain ke Jakarta. Penarikan itu dalam rangka mengamankan unjuk rasa pada Jumat, 4 November 2016.

Unjuk rasa itu rencananya dilakukan oleh sejumlah organisasi massa Islam yang menuntut polisi menangkap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dianggap telah melecehkan agama.(goriau.com)