Jelajah Amerika: Mudahnya Urus SIM Internasional

52
SHARE

BHARATANEWS.ID | INTERNASIONAL – Rencana Otomotifnet mengunjungi beberapa highlight di Amerika, dipastikan lewat jalan darat semua.

Nah biar tenang nyetir Jeep Grand Cherokee 2016 berkelir putih, kudu siap dengan SIM Internasional. Bikin SIM Internasional enggak sulit dan mudah loh!

Proses pembuatan dilakukan di Kantor Korlantas, MT. Haryono, Jaktim. Nih catat syaratnya: foto copy KTP, SIM asli, 4 buah Pas foto 4×6 berlatar belakang biru, juga materai Rp 6.000 dan datang sendiri ke Korlantas. Jangan lupa siapkan dana Rp 250 ribu.

Ssst.. Kalau enggak sempat fotokopi atau pas foto, ada warung di bagian depan yang siap membuatnya dan bisa ditunggu loh.

Semua persyaratan dibawa ke Korlantas yang buka hingga jam 15.00. Prosesnya mudah, saat datang langsung ambil nomor antrian dari mesin yang ada di depan pintu.

Lantas tunggu hingga nomor dipanggil. Jika tiba gilirannya, kita harus menyerahkan persyaratan yang dibawa.

Kemudian diwajibkan mengisi formulir data diri. Sekaligus memilih golongan SIM yang akan diajukan. Karena akan menggunakan mobil, maka dipilih SIM B.

Setelah selesai, pemohon pindah ke meja berikutnya untuk melakukan pembayaran. Jumlahnya Rp 250 ribu tanpa ada tambahan biaya lainnya. Kemudian dipersilakan menunggu untuk dilakukan pemotretan dan pengambilan sidik jari.

Proses mulai datang hingga selesai enggak lebih dari 30 menit. Saat Otomotifnet datang, hanya ada sekitar 5 orang yang juga sedang bikin SIM sejenis.

Nah kalau sudah ada SIM Internasional pasti tambah tenang. Apalagi sudah ratifikasi perjanjian Jenewa sehingga bisa diterima di internasional. (otomotifnet.com)