Deteksi Dini Upaya Paling Ampuh Cegah Kanker Payudara

46
BERBAGI

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Upaya yang pertama untuk mencegah dan menanggulangi kanker pada wanita, yakni wanita disarankan rutin melakukan kesehatan diri sendiri. Setidaknya, wanita harus peka terhadap bahasa tubuh.

“Kita harus peka terhadap bahasa tubuh, deteksi dini merupakan upaya terbaik untuk mencegah kanker,” ujar dr. Mardiah Suci, dari Fakultas Kedokteran UGM, seperti dikutip dari laman ugm.ac.id, Senin (31/10/2016).

Upaya selanjutnya, menurut dr Mardiah, jangan takut melakukan pengobatan lanjut bila memang telah terdiagnosis. Menurutnya, jika kanker sudah ada di tubuh kita, ia akan menjadi bom waktu. Maka dari itu, bila dokter telah menyarankan pengobatan lebih lanjut sebaiknya segera dilakukan supaya hidup kita menjadi lebih baik.

“Upaya terakhir untuk mencegah kanker ia lah hidup sehat dalam kegiatan sehari-hari,” imbuhnya.

Jogja International Hospital menggelar kegiatan mother class dengan mengangkat tema bertajuk “Kanker pada Wanita”. Selain pembicara profesional, hadir juga komunitas Love Pink. Komunitas ini merupakan komunitas yang memiliki kepedulian terhadap kanker payudara di Indonesia.

Love pink memiliki visi untuk menjadi komunitas terdepan dalam mendukung mereka yang hidup dengan riwayat kanker payudara. Beberapa anggota Love Pink yang hadir melakukan sharing kepada para peserta tentang perjalanan untuk tetap survive menghadapi penyakit kanker.

Tema kanker pada wanita dimbil bertepatan dengan Breast Cancer Day yag jatuh pada pada bulan Oktober ini.  Sesi pertama acara diisi oleh penjelasan dari dr. Mardiah yang memaparkan materinya berjudul “Cegah dan Kenali Kanker pada Wanita.”

Dalam materinya dr. Mardiah menjelaskan beberapa macam kanker pada wanita dari kanker payudara, kanker cervix, dan kanker ovarium. Dr. Mardiah juga turut memaparkan bagiamana gejala dan tanda kanker-kanker itu muncul.

Dikutip dari informasi kesehatan, indikasi pertama dari kanker payudara yang umumnya disadari adalah benjolan atau kulit yang menebal di payudara, tetapi sekitar 9 dari 10 benjolan yang muncul bukanlah disebabkan oleh kanker.

Indikasi pertama kanker payudara yang biasanya disadari adalah benjolan atau kulit yang menebal pada payudara. Meski demikian, sekitar 9 dari 10 benjolan yang muncul bukanlah disebabkan oleh kanker.

Terdapat beberapa indikasi yang perlu Anda perhatikan agar bisa ditanyakan langsung kepada dokter yang menangani Anda. Contoh gejala tersebut adalah rasa sakit pada payudara atau ketiak yang tidak berhubungan dengan siklus menstruasi.

Kemunculan benjolan atau kulit payudara yang menebal serta keluarnya cairan dari puting (biasanya disertai darah) juga perlu Anda waspadai. Beberapa gejala lainnya adalah perubahan ukuran pada salah satu atau kedua payudara, perubahan bentuk puting, serta kulit payudara yang mengerut.

Anda mungkin juga akan mengalami gatal-gatal dan muncul ruam di sekitar puting Anda. Pada bagian ketiak Anda, bisa juga muncul benjolan atau pembengkakan. Tanda-tanda dan gejala di atas perlu Anda waspadai dan usahakan untuk menanyakan pada dokter untuk memastikan kondisi yang Anda alami.(netralnews.com)