DBS Akuisisi Bisnis Segmen “Wealth Management” dan Perbankan Ritel ANZ

37
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BISNIS – DBS Bank Ltd (DBS) mengumumkan akuisisi terhadap bisnis Wealth Management dan perbankan ritel ANZ di lima pasar dengan nilai sekitar 110 juta dollar Singapura di atas nilai buku.

Portofolio bisnis yang diakuisisi mencakup di Singapura, Hong Kong, China, Taiwan dan Indonesia. Pasar tersebut mewakili total nilai deposit sejumlah 17 miliar dollar Singapura, pinjaman sebesar 11 miliar dollar Singapura, investasi sebesar 6,5 miliar dollar Singapura dalam bentuk dana kelolaan (Asset Under Management/AUM) dan total pendapatan sebesar 825 juta dollar Singapura untuk tahun finansial 2016.

Di kawasan tersebut, ANZ melayani 1,3 juta nasabah, di mana 10.000 di antaranya merupakan nasabah wealth management dan 1,2 juta lainnya adalah nasabah perbankan ritel.

Dalam pernyataan resminya, Senin (31/10/2016), DBS menyatakan transaksi ini merupakan aksi yang strategis karena memperkuat posisi DBS sebagai wealth manager terdepan di Asia, mendorong pengembangan skala yang pesat terhadap strategi digital di Indonesia dan Taiwan, serta menciptakan nilai keuangan dan peningkatan laba satu tahun setelah penyelesaian proses.

“Selama lima tahun terakhir, DBS telah mengembangkan bisnis Wealth Management secara konsisten dan kami merupakan salah satu di antara lima private bank terdepan di Asia saat ini,” kata DBS.

Dengan akuisisi tersebut, DBS akan mendapatkan tambahan dana kelolaan sebesar 23 miliar dollar Singapura dalam AUM wealth ke dalam nilai akun, dengan jumlah keseluruhan akun nasabah superkaya atau high net worth individual (HNWI) mencapai sekitar 6 miliar dollar Singapura.

Hal ini akan menempatkan HNW AUM dan total wealth AUM sebesar 115 miliar dollar AS dan 182 miliar dollar AS.

“Akuisisi ini juga akan menambah basis nasabah yang besar untuk DBS di Indonesia dan Taiwan, di mana merupakan pasar utama bagi bank,” ungkap DBS.

Di Indonesia, DBS akan memperoleh tambahan sekitar 410.000 nasabah, nilai tersebut secara efektif akan meningkatkan jumlah nasabah sebanyak enam kali lipat. Di Taiwan, DBS akan menambah sekitar 530.000 nasabah, dimana basis akan meningkat sebesar 2,5 kali lipat.

“Sebagian besarnya adalah nasabah kartu kredit. Basis nasabah yang semakin luas ini akan mempercepat agenda digital DBS di kedua pasar,” ujar DBS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here