Bangkitkan Kekuatan Seni Budaya di Tengah Era Modern

51
SHARE

BHARATANEWS.ID | BUDAYA DAN PARIWISATA –Seni budaya warisan leluhur jika tidak di les ta ri – kan dan dimunculkan dalam sa tu pagelaran bukan tidak mung kin akan ditinggalkan ge ne rasi muda.

Untuk mem – bang kitkan kembali warisan budaya di tengah perkem – bang an zaman, masyarakat Pe dukuhan Gowok, Catur – tung gal, Depok be kerja sama de ngan Dinas Pa riwisata DIY me wujudkannya dengan event Gelar Budaya Pe dukuhan Gowok. Penasihat acara Gelar Bu da – ya Pedukuhan Gowok, Dwi Pur – nomohadi menyampaikan, ge – lar budaya yang dimunculkan itu sudah ketiga kalinya dila ku – kan sejak tahun 2011.

Sebe – lum nya di Pedukuhan Gowok su dah lama ada kesenian gejog lesung, kethoprak, maupun jat – hilan. Hanya dalam perkembang – annya banyak yang mulai me – ninggalkan. Bahkan hanya ada beberapa orang saja yang masih menggeluti seni budaya ini untuk sekadar hobi. “Beruntung war ga masih bisa guyub , budaya yang dulu ada dan mulai ditinggalkan bisa kita munculkan lagi di era modern.

Kita dapat du kungan dari Dinas Pariwisata DIY,” katanya saat ditemui di sela-sela acara, kemarin. Semangat warga untuk membangkitkan dan menjaga ke lestarian seni budaya wa ris – an leluhur itu adalah salah satu bentuk mendukung Keistimewaan DIY. Warga yang terlibat dalam gelar budaya yang dipu – satkan di halaman SD No gopuro ini berasal dari 18 rukun te – tangga (RT) di Pedukuhan Gowok.

“Semua RT menam pil kan potensinya masing-ma sing, gelaran ini juga semakin me – rekatkan warga. Apalagi De sa Caturtunggal ini sudah men – dekati kota, ada perguruan tinggi, mal, dan banyak koskosan di sini,” ungkapnya. Event budaya yang mengu – sung tema Gelar Budaya Me nya – tu kan Cipta Rasa dan Karsa itu me nampilkan berbagai keseni – an tradisi yang dimulai dengan kirab budaya, kemudian gejog lesung, karawitan, reog warog, jathilan, dan hadrah.

Lokasinya yang berada di pinggiran kota, menjadikan gelaran itu me na – rik perhatian masyarakat untuk menyaksikannya. Kasi Objek Daerah Tujuan Wisata, Bidang Destinasi Wi sa – ta Dinas Pariwisata DIY War – doyo secara terpisah menyampaikan, seni budaya dengan pa – ri wisata saling keterkaitan dan tidak dapat dipisahkan.

Karena seni budaya itu secara tidak langsung menjadi daya tarik wisata. “Harapan kami seni budaya di daerah terus dimaju kan, sehingga menjadi nilai jual dan secara tidak langsung akan me – nambah perekonomian masyarakat,” tuturnya.

muji barnugroho