2 Kartu Grafis EVGA Terbakar Saat DIpakai

37
0

BHARATANEWS.ID | GAME –¬†¬†Masalah cukup serius tampaknya sedang dialami oleh EVGA. Baru-baru ini kartu grafis GTX 1080 dan 1070 dari EVGA dilaporkan banyak yang mengalami kerusakan ketika digunakan.

Kedua kartu grafis tersebut dilaporkan tiba-tiba terbakar dan mati saat digunakan. Laporan dari pengguna kartu garfis EVGA tersebut mulai bermunculan dalam satu minggu terakhir.

Dilaporkan, ratusan pengguna kartu grafis EVGA GTX 1070 dan GTX 1080 mengalami permasalahan ini. Para pengguna tersebut juga telah melaporkan permasalahan pada kartu grafisnya melalui forum resmi EVGA, hingga forum diskusi di Reddit.

Salah satu pengguna bahkan menuliskan pengalaman buruknya. Ia mengatakan, PC tiba-tiba mati saat bermain game dan kartu grafisnya menyala lalu terbakar.

Lalu apa penyebab kebakaran pada kartu grafis EVGA GTX 1080 dan GTX 1070?

Hasil investigasi WCCFTech mengatakan, modul VRM pada kartu grafis EVGA GTX 1080 dan GTX 1070 merupakan sumber maslaahnya. VRM merupakan modul untuk mengontrol asupan listrik ke GPU dan komponen lain di kartu grafis.

Secara arsitektur, modul VRM pada kartu grafis EVGA GTX 1080 dan GTX 1070 memang tidak bermaslaah. Yang jadi masalah adalah sistem pendinginnya.

Sama seperti modul lainnya, VRM juga menghasilkan panas. Di kartu grafis EVGA GTX 1080 dan GTX 1070, modul ini tidak dilengkapi dengan pendingin independen, bahkan tidak dilengkapi heatsink. Ini yang membuat modul VRM pada EVGA GTX 1080 dan GTX 1070 mudah panas dan akhirnya terbakar saat digunakan.

Untungnya, EVGA telah mengetahui permasalahan ini dan berjanji akan memperbaiki sistem pendinginnya. EVGA juga menjanjikan garansi khusus bagi pengguna yang kartu grafisnya bermasalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here