Qualcomm Akuisisi NXP Senilai Rp496 Triliun

55
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TEKNOLOGI – Qualcomm setuju untuk membeli NXP Semiconductors senilai sekitar USD38 miliar (Rp496 triliun), menjadikan perjanjian ini sebagai akuisisi terbesar di industri semikonduktor yang pernah ada.

Akuisisi ini membantu NXP menjadi pemimpin dalam pasar prosesor untuk otomotif yang terus berkembang dan juga membantu Qualcomm, yang menjadi pemasok prosesor untuk vendor smartphone Android dan Apple, mengurangi ketergantungannya pada pasar smartphone yang mulai jenuh.

Menurut Reuters, dengan akuisisi ini, Qualcomm akan bertaruh dengan kesuksesan Internet of Things (IoT), yang memungkinkan berbagai obyek seperti kulkas dan mobil untuk saling terhubung dan berkomunikasi.

“Perkembangan inovasi di otomotif dan IoT akan meningkat secara drastis dan saya rasa, kita melihatnya sebagai kesempatan besar,” kata CEO Qualcomm, Steven Mollenkopf. Pada 2020, sekitar 21 miliar perangkat IoT akan digunakan di seluruh dunia, naik dari angka 5 juta tahun lalu, menurut perkiraan Gartner.

Berkat akuisisi ini, saham Qualcomm naik 4,9 persen menjadi USD71.55 (Rp933 ribu). Sementara saham NXP, yang telah naik 20 persen sejak laporan potensi akuisisi muncul pada akhir September lalu, naik menjadi USD99.24 (Rp1,3 juta).

Qualcomm memperkirakan, akuisisi ini disetujui oleh pihak regulator mengingat bisnis NXP dan Qualcomm berbeda. Analis Needham & Co, Rajvindra Gill berkata, tidak banyak produk Qualcomm dan NXP yang menargetkan konsumen yang sama.

“Ada banyak kegiatan merger dan akuisisi di industri semikonduktor dalam 2 tahun terakhir dan saya tidak pernah lihat satu perjanjian pun yang tertunda karena masalah dengan regulator,” kata Gill.

Qualcomm dan NXP akan memiliki pendapatan tahunan lebih dari USD30 miliar (Rp391,5 triliun). NXP, yang bermarkas di Belanda, menjadi pembuat elektronik untuk mobil setelah ia membeli Freescale Semiconductor yang berbasis di Amerika Serikat senilai USD12 miliar (Rp156,6 triliun) pada akhir Desember lalu.

(metrotvnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here