Pemkot Depok Bidik Gerakan Literasi Sekolah

60
SHARE

BHARATANEWS.ID | DEPOK – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok meluncurkan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Lapangan Balaikota, Rabu (26/10/2016) kemarin.Program tersebut bertajuk ‘Gerakan Mengaji dan Membaca Ingatan Menjadi Cemerlang’ (Gemmilang). Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Muhammad Thamrin angkat bicara terkait program tersebut.

“GLS ini adalah kegiatan nasional yang digagas Disdik Provinsi Jawa Barat dan berdasarkan arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),”kata Thamrin di sela-sela acara peluncuran Program GLS.

Sementara, untuk program khusus Depok sendiri lewat Gemmilang ini dikatakannya akan diikuti oleh perwakilan dari 45 sekolah tingkat SD dan SMP. Tujuannya, kata dia, guna membangun budaya literasi.

“Dan mereka (peserta) dapat menemukan hal-hal menarik dalam buku yang biasa menjadi bahan berdiskusi secara positif,”ujarnya.

Selain itu, melalui program yang sama, ia mengharapkan dapat membangun budaya literasi menuju Jambore Literasi Jawa Barat yang akan berlangsung, pada 2017 mendatang. Ia pun meyakini lewat membaca serta mengaji, maka keimanan dan ketakwaan akan bertambah.

Wali Kota Depok Muhammad Idris mengatakan kegiatan ini dapat dilakukan di tiap sekolah. “Kami minta pihak sekolah mengkreasikan kegiatan ini. Salah satunya mungkin dengan menyisihkan waktu 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum belajar dimulai,”kata Muhammad.

Bahkan, adanya program ini ia berencana unutk menunjuk seorang duta sebagai simbol gerakan membaca. “Untuk itu, kami juga melibatkan duta baca, mereka akan mengajak teman-teman di lingkungan sekolahnya agar ikut menggiatkan program ini,”katanya.

(infonitas)