Nintendo Tuai Rp 1,3 Triliun dari Pokemon Go

33
SHARE

BHARATANEWS.ID | GAME – Nintendo awalnya diragukan bisa mendapat untung dari kesuksesan sesaat Pokemon Go. Nyatanya, dalam laporan keuangan terbarunya, Nintendo tercatat mendapat keuntungan yang cukup banyak dari game mobile itu.

Dalam laporan keuangan tersebut, Nintendo menyebutkan perusahaannya mendapat keuntungan sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun (USD 1 = Rp 13.000) dari Pokemon Go. Angka tersebut terbilang besar mengingat Nintendo tak terkait langsung dengan game yang dibuat oleh Niantic tersebut.

Keuntungan ini bisa didapat dari Nintendo karena mereka adalah pemilik 32% saham The Pokemon Company, yang memegang hak cipta Pokemon. Tentunya, Nintendo memperoleh bagian dari pendapatan Pokemon Go.

Dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (27/10/2016), keuntungan yang didapat Nintendo tak cuma dari pemasukan itu. Pokemon Go juga dianggap berpengaruh terhadap peningkatan penjualan konsol 3DS buatannya, juga meningkatkan nilai saham Nintendo sebesar 86%.

Pokemon Go sendiri sempat mencatatkan pemasukan yang sangat besar di awal peluncurannya. Dalam 90 hari pertama sejak diluncurkan, Pokemon Go meraup pemasukan sebanyak USD 600 juta dan diprediksi bisa mencapai USD 1 miliar pada akhir 2016 mendatang.