Kapolda Jabar : E-Tilang Hapus Pungutan liar

32
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TEKNOLOGI – Hapus aksi pungutan liar (Pungli) Polda Jabar luncurkan program Elang atau elektronik tilang (e-tilang). Selain itu, program ini juga untuk memudahkan masyarakat dalam pembayaran denda tilang.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Bambang Waskito menyebutkan, program Elang ini untuk dukung program Presiden Jokowi dan Kapolri, yakni meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Teknologi semakin pesat. Nah, kita manfaatkan untuk mudahkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya usai kegiatan Forum Group Discussion (FGD) e-Tilang yang digagas Dit Lantas Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Jumat (28/10/2016).

Menurutnya, tindak penilangan selama ini dilakukan secara manual dengan ditulis, dan sebagainya. Kini diupayakan petugas seminimal mungkin tidak berhubungan atau bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Ini merupakan salah satu sistem hapus pungli,” ujarnya.

Elang atau e-tilang merupakan salah satu terobosan luar biasa. Nanti, ini juga akan dikoordinasikan dengan pihak pengadilan dan kejaksaan.

“Jadi nanti tidak bisa lagi ‘titip’ tilang ke anggota di lapangan. Tekhnisnya bagaimana, bagaimana, sudah ada aturannya,” tegasnya.

Waskito menegaskan, digulirkannya program tersebut intinya untuk memudahkan masyarakat jika berhubungan dengan tilang. Jadi nanti mereka tidak bakal ribet atau bingung, karena bisa langsung bayar ke bank, atau via ATM bahkan e-banking.

(inilahkoran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here