5 Jenis Makanan yang Cocok untuk Kesehatan Ginjal Anda

53
BERBAGI

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Ginjal adalah salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Ginjal sangat berperan dalam kehidupan, fungsi penting adalah untuk menyerap mineral dan sangat penting dalam peran ekskresi atau proses pembuangan. Ginjal membantu tubuh untuk buang air kecil dan membuang kelebihan garam. Ginjal juga bertanggung jawab untuk membantu mengatur tekanan darah, sel darah merah, regulasi asam dan banyak lagi.

Ada dua ginjal dalam tubuh manusia, keduanya berbentuk seperti kacang dan jika salah satunya tidak berfungsi secara baik ada kemungkinan seseorang bisa bertahan dengan proses cuci darah yang sangat melelahkan. selain itu jika seseorang kehilangan salah satu fungsi ginjalnnya biasanya harus dilakukan tindakan pencangkokan ginjal.
Melihat pentingnya organ ginjal maka dari itu kita wajib menjaga kesehatan ginjal dengan menghindari makanan yang merusaknya, kita harus menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam, Makanan berlemak dan tentunya kita harus menghentikan kebiasaan merokok. Nah untuk menjaga kesehatan ginjal kita juga disarankan mengonsumsi bahan makanan yang sangat baik untuk kesehatan ginjal. apa saja bahan makanan yang baik untuk ginjal? yuk cek listnya di bawah:

1. Alpukat

Buah Alpukat merupakan bahan makanan kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Alpukat sangat baik untuk sering dikonsumsi khususnya untuk menjaga kesehatan ginjal karena alpukat sangat tinggi dengan kandungan kalium. selain mmiliki efek menjaga, buah alpukat juga sangat disarankan untuk sering dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal sebab alpukat memiliki kandungan potasium yang baik untuk ginjal.

2. Kacang Merah

Kacang merah yang bentuk mirip dengan ginjal juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal kita terutama dalam membantu tubuh untuk menghancurkan batu ginjal. nah jika anda memiliki masalah batu ginjal sebaiknya seringlah untuk mengkonsumsi kacang merah.

3. Ceri

Buah Ceri kaya akan vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, sitrat dan magnesium. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan ginjal. kandungan Sitrat juga mampu mengurangi asam urat. Ketika asam urat terlalu tinggi dalam tubuh itu juga akan memepengaruhi ginjal Anda.

4. Cranberry

Jika Anda pernah mengalami infeksi saluran kemih atau sulit kencing  karena masalah ginjal maka anda disarankan untuk minum jus cranberry. Cranberry memiliki kandungan vitamin C dan mangan. cranberry murni ( tanpa tambahan gula) dapat mengurangi tingkat kadar urin oksalat dan fosfat yang membantu untuk mengurangi pembentukan batu ginjal.

5. Peterseli

Peterseli adalah salah satu bahan aromatik, biasanya digunakan untuk sebuah ramuan herbal. Peterseli memiliki sifat diuretik, yang artinya bermanfaat untuk membantu menghilangkan kelebihan kandungan racun dalam ginjal anda.
Nah Itulah lima bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Tentu selain itu kita juga perlu untuk memiliki gaya hidup sehat apabila ingin memiliki ginjal yang sehat.
(goldokter.blogspot.co.id)