Pesan Ustaz Arifin Ilham di Lapas Cibinong

66
SHARE

BHARATANEWS.ID | PENDIDIKAN –¬†Ustaz Arifin Ilham menyambangi Lembaga Pemasyarakatan Pondok Rajeg, Cibinong. Dalam kunjunganya dia berpesan para narapidana di lapas tersebut harus bersyukur karena dijaga dan disayang oleh Allah SWT.

“Bagi saya warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan ini manusia yang sangat beruntung, karena dia tidak diperlihatkan kemaksiatan dan kejahatan yang terjadi di luar ‘Pesantren At Taubah'(masjid di lingkungan lapas),” ujar Arifin Ilham kepada Inilah Koran, Kamis (27/10/2016).

Arifin menghimbau, di dalam Pesantren At Taubah para warga binaan harus mengambil hikmah dan hijrah dari perbuatan yang buruk. “Pintu taubat masih terbuka lebar. Jadikan moment ini sebagai hijrah dari perbuatan tidak baik menjadi baik. Kalau mereka melakukan taubatan nasuha, ada kemunginan mereka duluan yang masuk surga dibanding kita yang berada di luar lembaga pemasyarakatan,” ucapnya.

Kasie Bina dan Pendidikan Lembaga Pemasyarakatan Maulana menerangkan sesuai Undang – undang permasyarakatan nomor 12 tahun 1995, fungsi lembaga pemasyarakatan (Lapas) adalah proses pembinaan bagi warga binaan.

“Tentunya kami melakukan pembinaan agar mereka sadar akan kesalahannya, tidak mengulangi tindak pidanaanya, kembali ke masyarakat menjadi pribadi yang baik dan bisa aktif dalam pembangunan. Oleh karenanya kami bina.mereka dengan kerohanian, pendidikan dan kemandirian,” terang Maulana.

Untuk pendidikan, lanjutnya. Lembaga Pemasyarakatan mengadakan paket A, paket B dan Paket C. Selain itu Lapas Pondok Rajeg juga memberikan pelatihan kemandirian.

“Pelatihan kemandirian yang kita berikan ada pertukangan, perkayuan, perbengkelan, pertanian, perikanan dan ketrampilan. Kami angap pembinaan kepribadian dan pendidikan itu sebagai rem, dan pembinaan kemandirian adalah gas. Setelah diberikan pembinaan kami harap setelah keluar mereka tidak kembali mengulangi kesalahannya dan menjadi pribadi yang seimbang di tengah-tengah masyarakat,” paparnya.(inilahkoran.com)