Peduli Kanker Serviks Antarkan Perawat Ini Lulus S-3 di Unair

56
0
SHARE

BHARATANEWS.ID |Kesehatan, JAKARTA – Berawal dari profesinya sebagai perawat yang tak tega melihat pasien kanker serviks, menjadi motivasi bagi Esti Yunitasari untuk mengangkat tema tentang kesehatan perempuan terkait penyakit kanker serviks dalam disertasinya.

Ternyata, disertasi itulah yang ikut mengantar Esti menjadi wisudawan terbaik S-3 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga. Ia berhasil meraih IPK 3,96.

“Sebagai perawat saya punya empati terhadap perempuan yang terkena kanker serviks. Jadi saya berusaha meningkatkan resiliensi terhadap kondisinya. Harapan saya meski perempuan itu menjadi survivor cancer tetapi secara peran fungsi sebagai perempuan tidak terganggu,” ujar dosen Fakultas Keperawatan Unair itu, seperti disitat dari laman Unair, Kamis (27/10/2016).

Melihat perkembangan penyakit kanker serviks di Indonesia yang menduduki peringkat pertama penyebab kematian perempuan, Esti berhasil meningkatkan resiliensi dengan menggunakan pengembangan Model Adaptasi Roy.

Dengan model ini berhasil meningkatkan resiliensi pasien kanker yang bertujuan dapat digunakan sebagai upaya menurunkan angka mortalitas dan morbiditas bagi perempuan yang menderita kanker serviks.

Meski berperan sebagai seorang ibu, istri, dosen, perawat, dan aktif dalam organisasi perawat maternitas Jatim tak menghalanginya untuk berprestasi di bidang akademik. Meski banyak kendala yang ia alami saat perkuliahan, ia optimis dengan yang dijalani. Sebab ia percaya, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan doa dan usaha.

“Selama kuliah S-3, ini pasti ada masalah dan kendala. Tapi saya terus berikhtiar mencari inspirasi untuk memecahkan masalah. Sebab, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Jadi harus semangat, berusaha dan berdoa. Sejatinya berprestasi bukan hanya sekedar prestasi akademik semata, tetapi juga prestasi dalam bidang lainnya,” tambahnya.(.okezone.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here