Menyingkap Asia Tengah, Ibarat Gadis Cantik yang Penuh Rahasia

108
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BUDAYA – Asia Tengah adalah kawasan eksotis yang agak di luar radar wisatawan. Pemandangannya indah ibarat gadis cantik, namun penuh rahasia karena belum banyak orang tahu.

Tahu Sabina Altynbekova? Ya, atlet voli yang cantik jelita dari Kazakhstan. Sabina banyak dikenal orang, tapi dijamin tidak banyak yang tahu kawasan dari mana dia berasal: Asia Tengah.

Mungkin masih ada wisatawan yang bertanya, Asia Tengah itu dimana? Jadi begini, Asia Tengah adalah area seluan 9 juta km2 atau 21 persen dari Benua Asia. Dia dijepit China di Timur, Rusia di Utara, Iran dan Afghanistan di Selatan dan Turki di Timur.

Travel Highlight edisi terbaru Kamis (27/10/2016) akan membahas aneka destinasi di Asia Tengah. Kawasan ini meliputi sejumlah negara. Ada Kazakhstan yang paling besar dan dominan. Kemudian ada Uzbekistan, Turkmenistan, Tajikistan dan Kyrgystan.

Semuanya adalah negeri berakhiran -stan. akar sejarahnya adalah percampuran bangsa-bangsa Eropa dan Tiongkok selama ribuan tahun. Meski hari ini Asia Tengah bukan destinasi traveling yang mainstream, justru ribuan tahun silam ini adalah jalur traveling lintas benua dan satu-satunya yang menghubungkan Asia dan Eropa.

Itu sebabnya Asia Tengah penuh dengan destinasi wisata sejarah dan beberapa situs warisan dunia UNESCO. Dari Kazakhstan sampai Uzbekistan, tempat semacam itu ada.

Selain itu, bentang alam kawasan Asia Tengah juga begitu mengagumkan dengan jejeran pegunungan dan lanskap yang tidak berubah selama ribuan tahun. Dari gurun pasir dan danau seluas lautan di Kazakhstan sampai lubang raksasa yang mengeluarkan api di Turkmenistan.

Setiap negara di Asia Tengah punya danau yang cantik bukan main. Kyrgystan malah punya resor ski dan gunung yang dikeramatkan.

Wisata budaya juga merupakan kekuatan dari Asia Tengah. Mereka dibentuk dari percampuran budaya bangsa-bangsa seluruh dunia selama ribuan tahun yang lalu lalang di Jalur Sutera.

Setiap tahun, ada festival-festival keren di setiap negara. Ibukota-ibukotanya begitu megah dan mewah. Lihat saja Astana di Turkmenistan dan Ashgabat di Kazakhstan. Pasti bikin wisatawan kagum.

Bagi traveler muslim, Asia Tengah patut dijelajahi. Kita bisa melihat betapa peradaban Islam membentuk kawasan ini. Begitu banyak masjid indah dan bersejarah di setiap negara Asia Tengah. Ada makam Imam Bukhari di Uzbekistan sampai monumen ilmuwan muslim penemu ilmu aljabar.

Dibandingkan kawasan lain di dunia, Asia Tengah masih kalah terkenal untuk para wisatawan petualang. Ini adalah tantangan buat kamu. Beranikah menjelajah ke sana? Pengalaman traveling yang tiada dua adalah jaminannya.

Sibaklah rahasianya, jelajahi kecantikannya. (DETIK.COM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here