Mendagri Harap Pertengahan 2017 Semua Sudah Rekam E-KTP

45
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | POLITIK –┬áMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap pada pertengahan 2017 semua penduduk Indonesia sudah merekam KTP elektronik (e-KTP). Dari target penduduk yang diwajibkan memiliki e-KTP sebesar 182.588.494, baru 168.237.751 (92 persen) yang sudah merekam, sementara 9.667.807 belum merekam.

“Mudah-mudahan pertengahan tahun depan sisa 9 juta ini bisa tercapai,” ujar Tjahjo dalam acara pres briefing 2 tahun kerja nyata Pemerintahan Jokowi-JK dengan tema Pembangunan Papua & Daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Veteran, Jakarta, Kamis (27/10).

Selain Tjahjo, acara yang dimoderatori Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki ini dihadiri Menhan Ryamizard Ryacudu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan serta Wamen ESDM Arcandra Tahar.

Tjahjo berharap masyarakat berpartisipasi aktif untuk merekam e-KTP. Selain itu, kepala daerah juga harus aktif mendorong masyarakat.

Sampai saat ini, Tjahjo mengakui pihaknya masih kekurangan 8 juta keping blanko e-KTP. Kekurangan tersebut akan dipenuhi secara bertahap karena proses percetakannya di luar negeri. “Tadi kami sampaikan kenapa terhambat, karena cetak e-KTP di luar negeri. Jadi tidak bisa dikebut seperti ada di dalam negeri. Tapi bertahap bisa,” tandas dia.

Tjahjo berjanji akan berusaha agar ketersediaan blanko e-KTP bisa dipenuhi sebelum pertengahan tahun 2017. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan Pilkada serentak 2018 dan pemilu serentak 2019 yang mensyaratkan pemilih menggunakan e-KTP. “Ini untuk persiapan Pilkada 2018 dan Pileg dan Pilpres 2019, yang UU-nya mensyaratkan punya e-KTP,” pungkas dia.(beritasatu.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here