Kopi ‘Uthek’, Dopping Warga Desa Banjar Banyuwangi

40
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KULINER – Banyuwangi tidak hanya terkenal destinasi wisatanya, tapi juga sebi budaya dan adat istiadat warganya. Di samping itu, Kota di ujung timur Pulau Jawa ini juga elok akan kuliner sebagai pemanja lidah para warga.

Di sejumlah lokasi terpapar hamparan penjaja kuliner khas Bumi Gandrung. Selayak surga, mereka dapat memilih sesuai selera masing-masing.

Tak hanya makanan, Banyuwangi juga terkenal dengan kopi khasnya. Seperti kopi di Desa Banjar, Kecamatan Licin yang khas dengan sensasi rasanya. Warga menyebutnya dengan ‘kopi uthek’ yakni secangkir kopi dengan penyajian yang berbeda.

Tak seperti kopi yang dijajakan pada umumnya. Kopi khas warga Using Banyuwangi ini disuguhkan dengan cara spesial. Karena dalam setiap cangkir kopi ada sepotong gula kelapa terpisah sebagai pendampingnya. Konon, dengan penyajian seperti itu, selain membawa sensari rasa juga dapat menjadi penawar efek samping usai meminum kopi.

“Biasanya abis minum kopi, perut rasanya sebah dan mules. Tapi kalau kopi di sini tidak,” ucap Fredy Rizki Manunggal salah satu penikmat kopi, Kamis (27/10/2016).

Penyajian khas kopi seperti ini ternyata tak hanya kali ini saja. Melainkan telah menjadi warisan warga desa setempat secara turun temurun. Bahkan, ini juga telah menjadi budaya warga Desa Banjar yang tak terpisahkan setiap kali akan melakukan aktivita pagi.

“Hingga kini kami pertahankan karena ini juga bagian dari budaya warga sini. Ke depan konsep semacam ini menjadi bagian promosi wisata daerah kami,” kata Ketua BUMDes Desa Banjar, Kecamatan Licin, Samsudin Cacuk.

Menurutnya, penyajian kopi dan gula aren ini memang tak terlepas dari kontur alam yang mendukung daerahnya. Hamparan kebun kopi serta kelapa sehingga tercipta home industry gula kelapa yang menjadi modal utama warisan ini membudaya.

“Warga sini minum kopi dengan gula kelapa ini menjadi dopping dalam setiap aktivitasnya. Karena rata-rata mereka adalah petani kopi dan tukang nderes (penyadap) lira kelapa,” katanya.(beritajatim.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here