Jiwa Berwirausaha Generasi Muda Indonesia Masih Minim

64
SHARE
BHARATANEWS.ID | Bisnis – Kesadaran berwirausaha pada generasi muda di Indonesia masih minim. Ketika seseorang telah lulus SMA atau perguruan tinggi, kebanyakan dari mereka lebih memilih bekerja kantoran karena dengan bekerja di sebuah perusahaan mereka menerima gaji tetap tiap bulannya.
Dikutip dari suara.com, jumlah pengusaha di Indonesia baru 1,5 persen dari total penduduk. Sedangkan di negara Asean seperti Singapura tercatat 7 persen, Malaysia 5 persen, Thailand 4,5 persen, dan Vietnam 3,3 persen jumlah pengusahanya
Penerimaan pajak negara akan melonjak bila semakin banyak pengusaha baru tercipta di Tanah Air. Hal tersebut dapat mendongkrak ekonomi negara, bertambahnya lapangan pekerjaan, mengurangi angka kriminalitas, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Ada banyak hal yang perlu mereka pertimbangkan untuk menjadi pengusaha, contohnya :
1. Terbatasnya modal
Tidak memiliki modal menjadi alasan seseorang tidak mau menjadi pengusaha. Memang, modal sangat dibutuhkan ketika seseorang ingin memulai usaha karena merupakan salah satu faktor dalam berbisnis. Banyak cara untuk mendapatkan modal untuk memulai bisnis, seperti meminjam modal usaha ke perbankan, bekerja sama dengan teman, mengikuti kompetisi yang diadakan perusahaan besar baik swasta atau pemerintah, dan mencari investor.
2. Bingung menentukan jenis usaha yang akan dijalankan
Ketika ingin memulai usaha, seseorang bingung ingin menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan. Pilih usaha yang kita sukai karena para pengusaha sukses lebih memilih bisnis yang sesuai dengan passionnya, daripada memaksakan diri melakukan sesuatu yang tidak mereka sukai.
3. Pemasaran
Pada zaman yang serba mudah saat ini kita bisa memasarkan produk melalui media sosial contohnya seperti facebook, tiwtter, instagram. Tidak hanya itu, saat ini sudah banyak website online shoppe seperti olx, buka lapak, tokopedia. Jadi pada saat ini tidak perlu bingung untuk memasarkan produk.
4. Takut mengalami kegagalan
Di dunia ini tidak ada yang instan semua perlu proses. Mengalami kegagalan merupakan hal yang wajar dalam dunia bisnis, karena disaat kita mengalami kegagalan kita mendapatkan banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Ketika seorang pengusaha mengalami kegagalan jangan mudah menyerah, justru hal ini menjadi pemicu untuk lebih baik mencapai kesuksesan.