Ice Cube siap meramaikan film musikal Oliver Twist

76
SHARE

BHARATANEWS.ID | FILM – Aktor merangkap penyanyi rap Ice Cube akan meramaikan film musikal terbaru Disney. Proyek ini diangkat dari novel Oliver Twist karya Charles Dickens. Cube juga akan bertindak sebagai produser melalui perusahaannya Cube Vision, dilansir dari Hollywood Reporter (25/10/2016).

Oliver Twist, or The Parish Boy’s Progress merupakan salah satu karangan Dickens terpopuler. Sebelum jadi novel, kisah ini adalah serial yang diterbitkan di majalah Bentley’s Miscellany dari 1837 hingga 1839. Oliver Twist adalah seorang bocah yatim piatu, yang berhasil melarikan diri dari pekerjaannya sebagai buruh kasar.

Malangnya, di London ia terpaksa masuk ke dalam kawanan para pencopet muda yang dipimpin oleh seorang dewasa bernama Fagin. Oliver pun harus berhadapan dengan kekerasan, pembunuhan, dan kejahatan lainnya di tengah jalanan London abad ke-19 yang kelam.

Cube akan bermain sebagai Fagin. Rapper berusia 47 ini juga akan membantu Disney dalam memasukkan musik kontemporer ke dalam Oliver Twist, tentu saja termasuk rap dan hip-hop.

Cube adalah penyanyi yang sudah kenyang pengalaman di dunia televisi dan film, baik sebagai aktor maupun produser. Ia menjadi bintang utama xXx: State of the Union (2005), menggantikan Vin Diesel. Cube juga bermain dalam 21 Jump Street(2012) dan 22 Jump Street (2014).

Ia membintangi sekaligus memproduseri Straight Outta Compton, film yang diangkat dari kisah nyata pembentukan kelompok rapper N.W.A –Cube adalah salah satu anggotanya. Film ini mendapat pujuan dari berbagai kritikus; rating-nya dalam Rotten Tomatoes mencapai 87 persen.

Selain penyanyi bernama lengkap O’Shea Jackson itu, kursi produser juga diduduki oleh March Platt, pria di balik drama musikal Broadway populer, Wicked. Juga Jeff Kwatintenz, produser film aksi Unstoppable yang dibintangi Denzel Washington dan Chris Pine.

Disney menggunakan jasa Thomas Kail sebagai sutradara. Oliver Twist akan menjadi debut layar lebar Kail sebagai sutradara.

Sebelumnya, sineas berusia 38 ini menggarap film televisi Grease Live! (2016), yang juga bergenre musikal. FTV adaptasi film musikal klasik ini diramaikan para penyanyi seperti Carly Rae Jepsen, Vanessa Hudgens, Boyz II Men, dan Jessie J.

Tentu saja ini bukan pertama kalinya kisah Oliver Twist diangkat ke layar lebar. Dari hasil pencarian di IMDB, ada 10 film dengan judul Oliver Twist. Namun yang paling berhasil tak menggunakan judul itu. Film tersebut adalah Oliver! (1968), film musikal yang disutradarai oleh Carol Reed.

Oliver! berhasil memenangi lima Oscar, pada kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Set Dekorasi Terbaik, Tata Suara Terbaik, dan tentu saja Musik Terbaik dari Film Musikal. Film ini diangkat dari drama panggung musikal berjudul sama, yang pertama kali hadir di London pada 1960.

Sebenarnya Disney juga pernah mengadaptasi kisah Oliver Twist. Berjudul Oliver and Company (1988), kisah anak kecil pemberani ini diimajinasikan ulang sebagai film animasi mengenai kucing dan anjing liar, dengan set lokasi di kota New York.