Harapan Warga: Tol Bocimi Cepat Jadi

46
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Warga Bogor dan sekitarnya mengharapkan proyek jalan tol Bogor-Ciawi-Suka Bumi atau Bocimi segera diselesaikan. Selama jalan tol itu belum terealisasi, warga masih harus menderita kemacetan parah di ruas jalan Ciawi-Sukabumi atau yang biasa dikenal jalur neraka.

“Hari biasa itu jalan Ciawi-Sukabumi sudah macet. Weekendmacetnya makin parah kalau sudah masuk Sabtu-Minggu. Kalau pintu masuknya (pintu tol Ciawi) sudah padat, itu macetnya merembet ke mana-mana jadi macet sekali,” ujar Agus Setyanto, seorang warga sekitar kepada detikFinance, Kamis (27/10/2016).

Jalan tol sepanjang 54 km ini memang didesain dengan tujuan dapat mengurai kemacetan parah yang sering terjadi di lokasi tersebut. Selama ini, mengandalkan jalan reguler yang ada saja dianggap sudah tidak lagi mencukupi. Dengan lebar jalan yang kurang memadai, jalan Ciawi-Sukabumi memang rawan menimbulkan kemacetan.

Ditambah banyaknya area pabrik yang mengakibatkan ramainya kendaraan besar pengangkut barang-barang hasil produksi pabrik yang lalu lalang, membuat kemacetan menjadi hal yang sulit dihindarkan.

“Kalau tol ini (tol Bocimi) jadi. Ini akan sangat membantu. Jadi kami harapkan ini cepat terealisasi,” kata dia.

Pembangunan jalan tol Bocimi sendiri telah digagas sejak tahun 1997. Berkali-kali ganti investor, jalan tol ini tak urung terealisasi lantaran terganjal masalah pembebasan lahan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak ingin jalan ini terus mangkrak sehingga sejak September 2015 jalan tol ini mulai diseriusi pembangunannya.(Detik Finance)