Cara Cerdas Simpan Makanan agar Tetap Segar

58
SHARE

BHARATANEWS.ID | KULINER – Pada dasarnya semua makanan mudah basi jika tidak disimpan dengan baik. Tapi ada beberapa makanan, yang sangat rentan basi dan berubah menjadi tidak segar dengan cepat. Tentu saja hal itu pun akan membuang-buang uang. Itu juga menyebabkan Anda menjadi boros, karena makanan terbuang begitu saja.

Namun, Anda dapat mengurangi pembuangan makanan dan menghemat uang. Ada beberapa tips sederhana untuk memastikan bahwa produk makanan yang Anda miliki akan tahan lama.

Berikut adalah beberapa trik mudah yang sangat bermanfaat seperti dilansir dari laman Lifehack.

Kantong sayuran

Anda tidak perlu menyimpan semua sayuran di lemari es agar tetap segar. Sayuran seperti bawang, bawang putih, bawang merah, kentang, tidak harus disimpan di lemari es. Jika Anda menyimpan mereka di dalam lemari es, mereka justru lebih cepat busuk.

Sebagian besar sayuran akar bertahan lebih lama jika Anda menyimpannya di tempat yang kering. Sebagian besar rumah tidak memiliki ruang bawah tanah, sehingga pilihan terbaik alternatif adalah untuk menjaga mereka di dalam kantong sayuran. Ini akan menjauhkan mereka dari cahaya dan tahan lama

Menggunakan pop container

Cobalah untuk tidak meninggalkan kotak sereal dan makanan kering yang isinya sudah tinggal setengah dalam keadaan terbuka. Hal ini dapat membuat mereka basi dan menjadi hambar.

Anda dapat mencegah makanan ringan ini atau pasta menjadi basi dengan menempatkan buah kering dalam wadah kedap udara setelah Anda membuka kemasan aslinya. Anda juga dapat mendaur ulang botol saus pasta sebagai wadah lain untuk menyimpan makanan kering dengan aman.

Cheese keeper

Salah satu yang tidak mudah yakni menyimpan keju. Jika telah dibuka dari kotaknya, keju dapat menjadi lembek dan kering. Ia akan kehilangan rasa dan gizi.

Anda dapat menjaga keju tetap segar dengan  menjaganya di dalam tempat penyimpan keju. Ini membantu mengatur tingkat kelembapan di sekitar keju

Menjaga kelembapan sangat penting untuk kesegaran keju. Selain itu keju juga tidak akan ada ditumbuhi jamur dan kering. Jika Anda tidak mampu untuk membeli cheese keeper ini, Anda bjsa membungkusnya dengan aman di kertas lilin sebelum memasukkannya ke dalam lemari es sehingga bisa bernapas tanpa membiarkan air masuk ke keju.

Vacuum sealer

Ini adalah alat yang sangat berguna untuk menjaga makanan tetap segar. Dengan menyentuh hanya satu tombol, mesin akan membantu menyegel makanan dalam kantong vakum yang kedap udara.

Anda dapat menyimpan makanan di lemari es atau dimasukkan ke dalam freezer setelah disimpan dalam kantong vakum. Anda dapat menggunakan mesin ini untuk menyimpan makanan sisa.

Produce saver

Ada beberapa buah-buahan dan sayuran yang menghasilkan gas ethylene setelah matang. Gas menyebabkan buah segar untuk menjadi cepat busuk. Untuk memastikan bahwa buah tetap segar dan tahan lama, Anda dapat menggunakan produce saver. Ini dapat menyerap kelembapan dan gas tadi.

Herb saver

Menjaga rempah-rempah agar tetap segar untuk waktu yang lama bukanlah tugas yang mudah. Mereka dapat rusak dengan sangat cepat. Rempah segar membutuhkan pasokan air secara konstan sehingga mereka dapat mempertahankan tekstur dan rasa mereka untuk waktu yang lama.

Herb saver dapat menjaga rempah segar dengan menjaga batang mereka tetap berada di dalam air, sehingga mereka tetap terhidrasi. Sementara untuk menyimpan daun kemangi, ketumbar, dan peterseli, Anda perlu memangkas batangnya sebelum menempatkan mereka di dalam herb saver.(VIVA.co.id)