10 Buah Yang Biasa Dijadikan Infused Water

576
0

BHARATANEWS.ID |Kesehatan – Pengolahan buah kini bervariasi. Tidak hanya dijadikan jus atau dimakan langsung, kini buah bisa dibuat menjadi infused water yang kini sedang menjadi tren.

Infused water adalah air putih yang dicampur dengan buah-buahan dan melalui proses “pendiaman” selama beberapa jam untuk kemudian dapat dinikmati. Berikut jenis-jenis buah yang sering digunakan untuk infused water versi survei Litbang KORAN SINDO.

1.Lemon 33%

Infused water memiliki fungsi sebagai minuman detoks, diet dan kebugaran tubuh. Lemon adalah salah satu buah yang sering digunakan sebagai bahan infused water. Air dengan irisan lemon merupakan minuman detoks terbaik. Lemon membantu membersihkan tubuh dari racun berbahaya yang menumpuk di dalam tubuh.

2.Jeruk 16%

Selain lemon, berbagai jenis jeruk seperti jeruk nipis atau sunkist bisa juga dijadikan bahan infused water. Buah jeruk terkenal kaya vitamin C nya. Kandungannya ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cukup dengan mencampurkan irisan buah jeruk ke dalam air putih, kemudian disimpan beberapa jam di dalam kulkas.

3.Kiwi 9%

Buah lainnya yang efektif untuk membantu program diet adalah kiwi. Meskipun relatif mahal, buah kiwi baik untuk kesehatan jantung, menangkal radikal bebas dalam tubuh, memperbaiki metabolisme tubuh, menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kekebalan tubuh. Buah kiwi baik untuk diet karena memiliki kalori rendah.

4.Apel 9%

Apel juga salah satu buah yang bisa dijadikan bahan infused water. Apel memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan dapat mencegah terbentuknya sel kanker. Selain itu Apel juga memiliki manfaat mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca menopouse. Selain mengontrol gula darah, apel juga membantu mengatasi diare dan sembelit.

5. Stroberi 8%

Stroberi yang diiris dan dimasukkan ke dalam botol berisi air kemudian disimpan beberapa jam untuk dijadikan infused water ini dapat memberikan melawan efek penuaan. Buah stroberi bermanfaat untuk mencegah hipertensi, mengatur gula darah, melancarkan pencernaan, mencegah kanker, mengatasi stroke dan masih banyak lagi.

6.Anggur 5%

Terdapat beberapa cara untuk menjadikan anggur sebagai infused water. Anggur dapat dibelah menjadi dua kemudian dimasukkan kedalam botol berisi air, atau anggur bisa dimasukkan begitu saja tanpa dipotong terlebih dahulu. Anggur bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, kaya akan mineral, sumber vitamin dan merupakan sumber gula darah yang baik.

7.Mentimun 4%

Pilihlah mentimun yang segar untuk dijadikan bahan infused water. Bisa dikombinasikan dengan buah-buah lain seperti jeruk. Buah ini bagus untuk otot dan tulang karena kandungan silika.

8.Peach 3%

Peach mengandung 10 vitamin dalam tubuh. Salah satunya vitamin A yang bermanfaat untuk mata. Peach juga bisa mengurangi risiko anemia dan menstabilkan tekanan darah. Peach dapat dijadikan bahan infused water dan dapat dikombinasikan dengan buah lain seperti jeruk nipis serta beberapa buah lain.

9. Melon 3%

Untuk dijadikan infused water, melon perlu dikombinasikan dengan buah lain seperti jeruk, lemon, atau stroberi. Melon bermanfaat untuk mencegah kanker kulit, membasmi radikal bebas, menurunkan berat badan, menyehatkan kulit, dan lain sebagainya. Melon akan lebih nikmat dikombinasikan dengan buah lain untuk dijadikan infused water.

10. Belimbing 2%

Belimbing adalah salah satu buah yang mengandung banyak manfaat. Buah ini tidak mengandung kalori, sehingga cocok untuk orang yang ingin berdiet. Sari belimbing yang tercampur dalam infused water akan menyegarkan tubuh dan membuat tubuh lebih sehat.

Hal Yang Harus Diingat Saat Mengonsumsi Infused Water

1. Jika sulit mengonsumsi air putih karena tidak suka rasanya yang tawar, penambahan buah dapat menjadi alternatif lebih sehat sehingga dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

2. Saat memilih buah, usahakan tidak memotongnya terlalu kecil atau terlalu tipis agar paling tidak masih memperoleh sisa serat larut dalam buah.

3. Ubah ekspektasi saat mengonsumsi infused water dan samakan fungsinya dengan air putih biasa.

4. Jangan memanaskan air dan buah dalam infused water karena akan semakin menghilangkan manfaat buah sebenarnya.

5. Simpan dalam lemari es agar rasa air menjadi lebih segar.

Buah-Buahan Asli Indonesia

Manggis

Buah yang awalnya ditemukan di daerah Kalimantan dan Sunda ini rasanya asam-manis yang sangat segar. Konon, hal tersebut sampai membuat Ratu Victoria dari Inggris tergila-gila.

Kedondong

Buah dengan biji berduri ini berasal dari belahan timur Indonesia. Di dunia internasional, buah dengan kedahsyatan rasa masamnya ini disebut dengan nama Ambarella. Pada awal abad 20, kedondong diperkenalkan ke mancanegara, mulai dari Australia sampai Jamaika.

Durian

Durian khas dengan wangi menyengat ditemukan di Sumatra dan Kalimantan. Kelezatan rasanya membuat negara lain berlomba-lomba membudidayakannya. Sekarang, ada ratusan varian durian tersebar di seluruh dunia

Belimbing

Carambola atau yang biasa kita kenal dengan belimbing berasal dari Maluku. Awalnya, buah ini menjadi favorit di Asia, lalu kemudian dikenal hingga Amerika, khususnya Florida.(koran-sindo.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here