Tumbuhkan Kecintaan pada Budaya, SMART Ekselensia Indonesia Gelar OHARA 2016

44
0

BHARATANEWS.ID | BUDAYA –  Untuk kali ketujuh, SMART Ekselensia Indonesia  kembali menggelar kegiatan tahunan berskala nasional yang diberi nama Olimpiade Humaniora Nusantara (OHARA). 

Bertema “Ekspresikan Budaya Negeri”, OHARA 2016 berlangsung sepanjang 26-27 Oktober 2016.

Acara ini bertujuan untuk mengangkat kembali budaya Indonesia yang kaya akan nilai-nilai luhur serta dipadu dengan kreativitas generasi muda bangsa.

OHARA 2016 menyuguhkan enam lomba yang akan dilakukan di Sekolah SMART Ekselensia Indonesia, Parung, Jawa Barat.

Keenam lomba  itu terdiri dari Lintas Nusantara (Lintara), Opera Van Jampang (OVJ), Story Telling, Festival Akulturasi Kuliner Nusantara (FAKN), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), dan Futsal.

Di OHARA 2016,  para peserta akan memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Jawa Barat dan uang pembinaan dengan total puluhan juta rupiah.

Penyelenggaraan OHARA 2016  menyasar siswa-siswi sekolah menengah pertama maupun menengah atas di seluruh Indonesia.

Bahkan telah tercatat 500 peserta  mengikuti acara ini dari berbagai penjuru nusantara, yang peserta terjauhnya berasal dari Tarakan, Kalimantan Utara. 

Selain siswa sekolah menengah, OHARA juga menyasar para pegiat ilmu humaniora dan lembaga-lembaga yang peduli pada pengembangan ilmu humaniora.

Seperti diketahui, SMART Ekselensia Indonesia merupakan sekolah berasrama, akseleratif, dan siswanya berasal dari seluruh penjuru nusantara.

Oleh sebab itulah, SMART Ekselensia Indonesia memiliki kekuatan budaya berkat keunikan latar belakang siswanya, sehingga memiliki potensi besar untuk membagikan kebermanfaatan kepada siswa sekolah menengah lain dan masyarakat umum.

Kegiatan OHARA yang berlangsung sejak tahun 2009  ini, diharapkan mampu mendorong para pelajar sekolah menengah diseluruh Indonesia untuk lebih mengenal budaya dan mencintai Indonesia. 

“Kami berharap OHARA tahun ini makin menumbuhkan semangat dan kecintaan generasi muda pada budaya Indonesia,” ujar Arman, Ketua Panitia OHARA 2016.

Seluruh siswa SMART Ekselensia Indonesia terlibat aktif dalam menyukseskan pagelaran tahunan ini, bahu-membahu mereka menyiapkan konsep, ide, dan eksekusi akhir agar OHARA 2016 berjalan dengan baik.

“Kami berusaha melibatkan seluruh siswa SMART agar mereka memiliki ikatan yang kuat satu sama lain, selain itu kami juga ingin mereka lebih mencintai Indonesia,” pungkas Arman.

Serupa hal itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor sangat mengapresiasi acara ini.

“Olimpiade Humaniora Nusantara merupakan ajang kompetisi yang sangat positif bagi siswa sekolah menengah di tengah maraknya berbagai pemberitaan negatif mengenai pelajar di Tanah Air,” tegas perwakilan Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor inipun berharap Olimpiade Humaniora mampu mewadahi berbagai hal positif yang dimiliki generasi muda Indonesia.  (TRIBUNEWS.COM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here