Tak Ingin Kalah dengan Bahasa Gaul, Pelajar Kota Bogor Diminta untuk Gunakan Bahasa Ini di Sekolah

84
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Pelajar Kota Bogor diminta untuk gunakan bahasa ini saat berinteraksi di sekolah.

Perkembangan yang kian melejit di era modernisasi saat ini membuat budaya lokal dianggap kian terkubur.

Bukan hanya seni dan budaya asli Kota Bogor, tapi juga bahasanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor, Shahlan Rasyidi, mengatakan bahwa saat ini pelajar dan kalangan anak muda cenderung menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa ‘gaul’ untuk berinteraksi.

“Saya pergi ke Jogja mereka menggunakan bahasa jawa, saya pergi ke Makasar mereka menggunakan bahasa makasar, di Kota Bogor ada yang menggunakan bahasa sunda, tapi sedikit,” tutur Syahlan saat ditemui  di acara Workshop Bahasa Sunda dan Kaulinan Urang lembur 2016, di Kedai Aer Mantjoer, Kota Bogor, Rabu (26/10/2016).

Menurut dia, bahasa sunda yang menjadi bahasa induk harus dilestarikan.

“Baik itu di lingkungan masyarakat atau sekolah, bahasa Sunda harus dilestarikan, jangan sampai kalah dengan bahasa gaul,” katanya.

Syahlan menghimbau kepada seluruh pelajar di Kota Bogor agar tidak malu untuk menjadikan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari.

“Bagi para pelajar jangan merasa malu, gengsi atau jadul, kalau bisa setiap hari, guru dan murid di Sekolah itu komunikasinya pakai bahasa sunda,” ujarnya.

Jadi, lanjut Shahlan, sebagai orang Jawa Barat harus bangga dengan bahasa Sunda, jangan sampai hilang dari kota Bogor.

“Di sekolah, di rumah, atau dimana saja, mari kita biasakan untuk berkomunikasi dengan bahasa sunda misal dengan keluarga atau tetangga,” pungkasnya.(TRIBUNNEWSBOGOR.COM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here