Sempat Tertunda, Deklarasi Kesetaraan Gender Disepakati di IORA

56
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | INTERNASIONAL – Dalam pertemuan Senior Official Meeting (SOM) atau pertemuan tingkat pejabat tinggi negara anggota Indian Ocean Rim Association (IORA) akan dirumuskan deklarasi mengenai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam ekonomi atau gender equality and women economic empowerment.

“Ini kan memang sudah konsepnya PBB. Di Bali ini, sudah diterima semua negara anggota,” ujar Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Desra Percaya ketika ditemui di Bali International Convention Center, Rabu (26/10/2016).
Sebelumnya, ada beberapa negara yang belum menyetujui rumusan tersebut saat pertemuan IORA di Padang, tahun lalu. Namun, Desra tak mau membeberkan negara mana saja yang tak setuju.
Selain membahas deklarasi tersebut, pertemuan SOM yang sudah ditutup ini juga membahas tentang persiapan KTT perdana IORA yang akan dihelat pada 5 hingga 7 Maret 2017 di Jakarta.
“Kami rumuskan rincian kegiatannya, karena KTT tersebut bertepatan dengan 20 tahun IORA. Nanti akan saya laporkan pada pertemuan tingkat menteri, besok,” ungkapnya.
Desra membeberkan serangkaian pertemuan tingkat kepala negara tahun depan yang akan dimulai pada 5 Maret 2017, diawali dengan pertemuan tingkat pejabat tinggi. Lalu pada 6 Maret 2017, akan ada pertemuan tingkat menteri yang berfokus pada tantangan dan kesempatan yang ada saat ini.
“Masih di hari yang sama akan ada pertemuan bisnis yang mempertemukan pelaku bisnis dengan para kepala negara. Namun, itu masih dimatangkan,” tutur mantan duta besar RI untuk PBB ini.
Pada hari terakhir, yaitu 7 Maret 2017 merupakan puncak dari ulang tahun IORA ke 20 dan juga akan ada pengesahan IORA Concord. Desra mengungkapkan pula saat ini IORA Concord sudah mencapai 99 persen penyelesaian.
“Masih sisa satu persen dan itu menurut kami sangat penting, karena ada satu isu yang satu negara yang belum settle dan sudah kami bicarakan dengan negara itu. Mudah-mudahan nanti malam selesai,” pungkas Desra.
Menurut penuturan Desra, pertemuan tingkat pejabat tinggi ini juga membahas tentang Bali Communicate yang menjadi hasil akhir atau outcome dari pertemuan tingkat menteri, besok.


(FJR)(internasional.metrotvnews.com)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here