Polisi Super Ini Mampu Kenali Wajah 850 Pelaku Kriminal

41
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | UNIK – Andy Pope, seorang Petugas Kepolisian Pendukung Masyarakat (PCSO) di Kepolisian West Midlands, Inggris, memiliki kemampuan layaknya polisi super. Melalui photographic memory-nya, Pope mampu mengenali lebih dari 850 wajah para pelaku tindak kriminal dalam empat tahun belakangan.

Setiap hari pria yang dijuluki “Polisi Memori” itu datang lebih awal ke tempat kerjanya lalu menyalakan komputer dan melihat foto para tersangka pelaku kejahatan yang muncul dalam briefing harian polisi. Rutinitas yang dilakukan Andy sejak bergabung dengan Kepolisian West Midlands itulah yang membuatnya memiliki kemampuan identifikasi wajah yang luar biasa.

Seiring waktu, dengan semakin banyak wajah tersangka yang diingatnya, semakin baik pula rekor Andy dalam mengenali mereka. Kemampuan ini menjadikan Andy “kartu as” Kepolisian West Midlands. Setiap kali detektif merasa kesulitan mengenali tersangka, mereka berkonsultasi kepadanya.

Andy telah menunjukkan kemampuannya sejak hari kedua bergabung dengan instansi kepolisian. Dia mendatangi Kepala Kepolisian West Midlands, Inspektur Gareth Morris, dengan selembar foto dan mengatakan mengetahui siapa tersangka dari sebuah perampokan. Selama 1,5 jam kemudian dia menahan seorang pria yang mengaku berada di lokasi perampokan.

“Jika Anda cukup sering melihat sebuah foto, biasanya ada sesuatu yang teringat di pikiran sebagai ciri yang unik. Mungkin saya tidak bisa menunjukkan ciri tersebut pada saat itu, tapi saat saya melihat orangnya secara langsung, pengenalan terpicu,” jelas Andy, sebagaimana dilansirOddity Central, Rabu (26/10/2016).

Kemampuan Andy membuatnya menjadi sorotan media pada 2012. Dia disebut sebagai sebuah fenomena unik setelah mengidentifikasi 250 tersangka kejahatan. Berdasarkan laporan baru-baru ini, jumlah itu telah bertambah secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir menjadi 850 keberhasilan pengenalan tersangka.

“Saya tidak tahu apakah saya memiliki ingatan fotografis. Istri saya harus berurusan dengan hal-hal seperti tanggal ulang tahun dan peringatan. Untuk urusan mengingat penanggalan, saya tidak berguna,” ujarnya.(OKEZONE COM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here