Persaingan Ketat, AT&T Ekspansi Bisnis TV Langganan dengan Harga Murah

44
0
SHARE

BHARATANEWS.ID l Bisnis – Persaingan ketat di dunia pertelevisian, khususnya televisi berbayar membuat AT&T melalui distributor TV berbayar DirectTV berekspansi dengan meluncurkan layanan streaming televisi over the top dengan harga menarik yang cukup murah di Amerika Serikat (AS), yakni USD35 per bulan atau setara Rp455 ribu (kurs Rp13.005 per USD).

Hal ini tak terlepas dari aksi AT&T, induk dari distributor tv berbayar DirectTV yang telah mencapai kesepakatan prinsip dengan membeli Time Warner Inc, sebesar USD110 per saham dalam bentuk tunai dan saham, atau USD86 miliar secara keseluruhan. Bila dikonversi ke Rupiah mencapai Rp1.122 triliun (estimasi kurs Rp13.053 per USD).

Seperti yang diketahui, televisi kabel atau berbayar sedang menghadapi tantangan besar, yaitu perubahan teknologi pada smartphone dan streaming. Banyak konsumen yang mendapatkan hiburan secara online dari Netflix Inc., atau menonton di iPhone bukannya di televisi.

CEO AT&T Randall Stephenson mengumumkan bahwa pada bulan November perusahaannya akan meluncurkan “DirecTV Now,” TV streaming yang menawarkan dengan lebih dari 100 saluran dengan harga USD35 per bulan. Rencananya akan dilengkapi saluran dari Time Warner (seperti TNT, TBS) dan NBC Universal.

“Kami sudah berusaha untuk melakukan hal ini selama tiga tahun,” kata Stephenson seperti dilansir Forbes, Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Karena lebih murah, layanan TV berlangganan yang berbasis internet berpotensi menggoyang pasar TV berbayar yang telah lama didominasi oleh penyedia kabel dan satelit. Ini bisa menjadi menarik bagi puluhan juta orang yang telah menolak untuk memasang TV kabel yang mahal.

Perusahaan lain telah mencoba untuk menawarkan layanan over the top. Sony PlayStation Vue menawarkan 100 saluran sekira USD55 per bulan. Dish Network Sling TV menawarkan 40 saluran untuk USD25. Apple dan lain dikabarkan akan mengejar kesepakatan serupa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here