Kenali Kesehatan Reproduksi Untuk Hindari Kejahatan Seksual

55
SHARE

BHARATANEWS.ID |Kesehatan JAKARTA – Reproduksi merupakan suatu proses biologis suatu individu orgaisme baru diproduksi. Reproduksi juga merupakan cara dasar mempertahankan diri yang dilakukan oleh semua bentuk kehidupan oleh pendahulu setiap individu organisme untuk menghasilkan suatu generasi selanjutnya.

“Reproduksi merupakan cara dasar untuk mempertahankan diri, kalau tidak ada reproduksi maka akan punah. Reproduksi juga merupakan ‘rekreasi’ dan juga komoditi, namun hal tersebut akan berdampak pada kejahatan seksual,” ujar Dosen Fakultas Kedokteran Univeritas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta Dr Adi Sukrisno dalam acara Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat, Rabu (26/10/2016).

Karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui peran penting dari kesehatan reproduksi terutama dalam hal kebijakan umum kesehatan reproduksi yakni, menempatkan upaya kesehatan reproduksi menjadi salah satu prioritas Pembangunan Nasional, melaksanakan percepatan upaya kesehatan reproduksi dan pemenuhan hak reproduksi ke seluruh Indonesia, kemudian melaksanakan upaya kesehatan reproduksi secara holistik (paripurna) dan terpadu melalui pendekatan siklus hidup, menyangkut kepentingan anak, remaja hingga usia lansia.

Dr Adi juga mengatakan kebijakan umum kesehatan reproduksi lainnya yakni menggunakan penegakkan keadilan dan kesetaraan gender di semua upaya kesehatan reproduksi.

“Awalnya adalah dari emansipasi wanita, dimana wanita menuntut untuk memiliki kesamaan hak, memiliki kesamaan dalam memperoleh pendidikan, tetapi tidak dalam tanggung jawab. Wanita dan laki-laki tetap memiliki tanggung jawab berbeda dan tidak boleh saling mengambil alih tanggung jawabnya,” jelas Dr Adi.

Selain itu Dr Adi juga mengatakan, kebijakan umum kesehatan reproduksi lainnya adalah menyediakan pelayanan kesehatan reproduksi berkualitas bagi keluarga miskin.

Selanjutnya perlu diketahui pula strategi kesehatan reproduksi remaja, sebagai pribadi yang memasuki masa pubertas dan menuju kedewasaan dan kematangan dalam reproduksi. Hal itu perlu diketahui agar orang tua dapat membentengi anak dan anak juga dapat menghindari terjadinya kejahatan seksual yang sampai saat ini masih marak terjadi.(NETRALNEWS.COM)